PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS PROPOSAL PENELITIAN DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOLABORASI

Simanjuntak, Eva Betty and Simbolon, Naeklan (2015) PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS PROPOSAL PENELITIAN DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOLABORASI. Project Report. FIP Unimed, Medan.

[thumbnail of Fulltext.pdf]
Preview
Text
Fulltext.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of Reviewer.pdf]
Preview
Text
Reviewer.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui proses peningkatan penulisan proposal penelitian tindakan kelas dengan menggunakan model pembelajaran kolaborasi disertai lembar kerja. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan terdiri dari 2 siklus yaitu siklus I dan siklus II. Subjek penelitian sebanyak 31 Mahasiswa Kelas C Reguler 2013 pada semester ganjil tahun 2015/2016 Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Medan. lnstrumen yang digunakan adalah Teknik wawancara, pengamatan dan tes keamampuan menulis proposal penelitian. Data penelitian
berupa data kuantitatif dan kualitatif. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif dengan persentase. Hasil temuan penelitian diperoleh data kemampuan menulis proposal PTK siklus I pertemuan I dengan mengunakan model pembelajaran kolaborasi meliputi kriteria. kemampuan menulis: 1) Judul, 2) Pendahuluan, 3) Perumusan dan Pemecahan Masalah, 4) tujuan, 5) manfaat, 6) Kajian Pustaka, 7) Metode Penelitian, 8) Jadwal Penelitian, 9) Daftar Pustaka dan 10) Penggunaan Bahasa. Nilai rata-rata keseluruhan tiap aspek pada siklus I pertemuan I sebesar 52,75% kategori tersebut tergolong rendah, sedangkan berdasarkan hasil observasi terhadap dosen dengan mengunakan model pembelajaran kolaborasi pada siklus I
menunjukan presentasi 69,2% dengan kriteria cukup Pada siklus I pertemuan 2 nilai rata-rata keseluruhan tiap aspek sebesar 73,25 tergolong cukup baik dan pada siklus II nilai rata-rata keseluruhan tiap aspek sebesar 83,16% tergolong baik. Hasil observasi yang dilakukan observer siklus I dlperoleh sebesar 78,57% dan pada siklus II sebesar 96,43%. Hasil observasi penggunaan model pembelajaran kolaborasi pada siklus II menunjukan nilai presentasi 92,3% pada kriteria sangat baik, maka dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran kolaborasi dapat meningkatkan penulisan proposal penelitian tindakan kelas (PTK).

Item Type: Monograph (Project Report)
Keywords: Menulis; Model kolaborasi; Proposal penelitian; Model pembelajaran
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
P Language and Literature > P Philology. Linguistics
Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z004 Books. Writing. Paleography > Z40 Writing
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mrs Harly Christy Siagian
Date Deposited: 16 Aug 2016 04:12
Last Modified: 14 Oct 2016 04:16
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/12728

Actions (login required)

View Item
View Item