Saragih, Sofia Loris (2016) UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN METODE DISKUSI DAN MENGGUNAKAN ALAT PERAGA MATEMATIKA PADA MATERI BANGUN RUANG DI KELAS VIII SMP PAB 21 P. JOHAR T.A 2015/2016. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 409311050 COVER.pdf - Published Version
Download (53kB) | Preview
2. NIM. 409311050 APPROVAL.pdf - Published Version
Download (164kB) | Preview
3. NIM. 409311050 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (114kB) | Preview
4. NIM. 409311050 PREPACE.pdf - Published Version
Download (192kB) | Preview
5. NIM. 409311050 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (168kB) | Preview
6. NIM. 409311050 ILLUSTRATIONS.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
7. NIM. 409311050 TABLE.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
8. NIM. 409311050 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (139kB) | Preview
9. NIM. 409311050 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (360kB) | Preview
13. NIM. 409311050 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (154kB) | Preview
14. NIM. 409311050 BIBILIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (187kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa pada materi bangun ruang dengan menggunakan metode diskusi dan alat peraga di kelas VIII SMP PAB 21 Pematang Johar tahun pelajaran 2015/2016. Subjek dalam penelitian ini adalah 35 siswa kelas VIII SMP PAB 21 Pematang Johar dan objek penelitian ini adalah hasil belajar matematika siswa pada materi bangun ruang dengan menggunakan metode diskusi dan alat peraga. Instrumen dalam penelitian yang digunakan adalah observasi dan tes.
Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan kelas (PTK). Pada siklus I diperoleh rata-rata aktivitas siswa pada pertemuan I sebesar 58% dan pada pertemuan II sebesar 64,54%. Siklus II diperoleh rata-rata persentase aktivitas siswa pada pertemuan I sebesar 71,07% dan pada pertemuan II sebesar 78,75%.
Banyaknya siswa yang mencapai ketuntasan belajar dari tes awal yaitu 14 dari 35 orang (40%) dengan rata-rata kelas 46,85. Hasil analisis data pada siklus I setelah dilakukan penerapan metode diskusi, banyaknya siswa yang mencapai ketuntasan belajar adalah 16 dari 35 orang (45,71 %) dengan rata-rata kelas 54,14. Hasil analisis data pada akhir siklus II dengan strategi pembelajaran yang berbeda pada Siklus I dengan menggunakan metode diskusi dan alat peraga yang pengelompokannya ditentukan berdasarkan menurut absen dan nilai yang tertinggi. Banyak siswa yang mencapai ketuntasan belajar adalah 22 dari 35 orang (62,85) dan rata-rata kelas 66,28. Maka pembelajaran ini telah meningkat dari pembelajaran sebelumnya.
Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa metode diskusi dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa. Saran yang diajukan yaitu bagi guru matematika yang ingin meningkatkan hasil belajar siswa pada materi bangun ruang dapat menerapkan metode diskusi dengan membuat Lembar Hasil Siswa (LHS) yang bertujuan lebih melatih dan membimbing siswa.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2016 MAT 095 |
Keywords: | Matematika; Alat Praga; Bangun Ruang |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QA Mathematics Q Science > QA Mathematics > QA440 Geometry. Trigonometry. Topology |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 15 Aug 2016 08:13 |
Last Modified: | 15 Aug 2016 08:13 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/12703 |