Pane, Qonita Aini (2016) EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE COURSE RIVIEW HORAY TERHADAP HASIL BELAJAR MATERI PENCEMARAN LINGKUNGAN DI SMPN. 1 PULAU RAKYAT ASAHAN TAHUN PEMBELAJARAN 2015/2016. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 4113341031 COVER.pdf - Published Version
Download (57kB) | Preview
2. NIM. 4113341031 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (182kB) | Preview
3. NIM. 4113341031 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (66kB) | Preview
4. NIM. 4113341031 PREFACE.pdf - Published Version
Download (130kB) | Preview
5. NIM. 4113341031 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (64kB) | Preview
6. NIM. 4113341031 LIST OF TABLES.pdf - Published Version
Download (99kB) | Preview
7. NIM. 4113341031 LIST OF FIGURES.pdf - Published Version
Download (33kB) | Preview
8. NIM. 4113341031 LIST OF APPENDICES.pdf - Published Version
Download (35kB) | Preview
9. NIM. 4113341031 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (327kB) | Preview
13. NIM. 4113341031 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (128kB) | Preview
14. NIM. 4113341031 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (63kB) | Preview
Abstract
Peneliti ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe course review horay terhadap hasil belajar siswa kelas VII SMPN. 1 Pulaurakyat tahun pembelajaran 2015/2016. Populasi penelitian ini berjumlah 245 siswa.Dari 245 siswa, ditetapkan sampel sebanyak 35 siswa yang diamabil secara acak (random sampling). Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen. Instrumen yang digunakan untuk menjaring data adalah tes pilihan berganda. Pengujian hipotesis dilakukan dengan menggunakan uji t. Data yang diperoleh menunjukkan bahwa kemampuan hasil belajar siswa sebelum menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe course review horay masuk dalam kategori kurang dengan nilai rata-rata (mean) yang diperoleh siswa adalah 60,71, sedangkan kemampuan hasil belajar siswa sesudah menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe course review horay masuk dalam kategori baik dengan nilai rata-rata (mean) yang diperoleh siswa adalah 77,42. Dengan demikian
ditolak dan
diterima, yang artinya ada pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe course riview horay terhadap hasil belajar siswa kelas VII SMPN. 1 Pulaurakyat tahun pembelajaran 2015/2016. Hal ini menunjukkan bahwa hasil pembelajaran IPA sesudah menggunakan model pembelajarn kooperatif tipe course riview horay lebih baik daripada hasil pembelajaran sebelum menggunakan model pembelajarn kooperatif tipe course riview horay, dan proses pembelajaran sesudah menggunakan model pembelajarn kooperatif tipe course riview horay berefektif positif terhadap hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPA.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2016 BIO 131 |
Keywords: | Efektivitas; Course Riview Horay;Materi Pembelajaran |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QH Natural history > QH301 Biology Q Science > QH Natural history > QH301 Biology > QH359 Evolution |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 15 Aug 2016 07:39 |
Last Modified: | 15 Aug 2016 07:39 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/12699 |