Astini, Dwi (2015) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGATION (GI) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI SUHU DAN KALOR DI KELAS X SMA MUHAMMADIYAH 2 MEDAN T.P 2014/2015. Undergraduate thesis, UNIMED.
4103121017 COVER.pdf - Published Version
Download (54kB) | Preview
4103121017 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (174kB) | Preview
4103121017 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (193kB) | Preview
4103121017 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (192kB) | Preview
4103121017 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (220kB) | Preview
4103121017 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (188kB) | Preview
4103121017 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (186kB) | Preview
4103121017 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (190kB) | Preview
4103121017 BAB I.pdf - Published Version
Download (389kB) | Preview
4103121017 BAB V.pdf - Published Version
Download (63kB) | Preview
4103121017 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (144kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation menggunakan peta konsep terhadap hasil belajar siswa pada materi suhu dan kalor di SMA Muhammadiyah 2 Medan Tahun Pelajaran 2014/2015.Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen dengan desain penelitian two group pretest postest design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X Semester genap SMA Muhammadiyah 2 Medan terdiri dari empat kelas. Sampel penelitian ini diambil dua kelas yaitu kelas X-1 sebagai kelas eksperimen dan kelas X-2 sebagai kelas kontrol yang masing-masing berjumlah 31 siswa ditentukan dengan teknik cluster random sampling. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini ada dua yaitu: 1) tes hasil belajar 2) lembar observasi. Tes hasil belajar berbentuk tes esai sebanyak 20 soal yang telah dinyatakan valid oleh tim validator. Lembar observasi terdiri dari penilaian aktivitas, afektif dan keterampilan. Uji hipotesis menggunakan uji t.Dari hasil penelitian diperoleh nilai rata-rata pretes kelas eksperimen adalah 27,4 dan nilai rata-rata kelas kontrol adalah 28,2. Setelah pembelajaran selesai diberikan postes dengan hasil rata-rata kelas eksperimen 68,2 dan kelas kontrol 63,7. Dari hasil pengamatan yang dilakukan oleh observer diperoleh bahwa aktivitas siswa di kelas eksperimen mengalami peningkatan. Pada pertemuan I rata-rata aktivitas siswa 67,5, pertemuan II rata-rata 69,5, pertemuan ke III rata-rata 72,7. Dari hasil uji t diperoleh thitung = 2,08 sedangkan ttabel = 1,67. Karena thitung > ttabel (2,08 >1,67) maka Ho ditolak, dengan demikian diperoleh ada pengaruh hasil belajar dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe group investigation menggunakan peta konsep di SMA Muhammadiyah 2 Medan
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2015 FIS 184 |
Keywords: | Pembelajaran Kooperatif Tipe GI; Hasil Belajar; Peta Konsep |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QC Physics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Mrs Fitri Sry Juliati Sinaga |
Date Deposited: | 08 Apr 2016 08:34 |
Last Modified: | 29 Aug 2016 08:59 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/12666 |