Khairani, Denny (2015) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING TERHADAP HASI; BELAJAR SISWA PADA MATERI POKOK LISTRIK DINAMIS DI KELAS X SEMESTER II SMA NEGERI 14 MEDAN T.P 2014/2015. Undergraduate thesis, UNIMED.
4113121011 COVER.pdf - Published Version
Download (70kB) | Preview
4113121011 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (69kB) | Preview
4113121011 KATA PENGATAR.pdf - Published Version
Download (231kB) | Preview
4113121011 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (142kB) | Preview
4113121011 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (221kB) | Preview
4113121011 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (129kB) | Preview
4113121011 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (83kB) | Preview
4113121011 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (83kB) | Preview
4113121011 BAB I.pdf - Published Version
Download (526kB) | Preview
4113121011 BAB V.pdf - Published Version
Download (106kB) | Preview
4113121011 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (56kB) | Preview
Abstract
Telah dilakukan penelitian yang bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap hasil belajar fisika dan pembelajaran konvensional pada materi listrik dinamis di SMA Negeri 14 Medan T.P. 2014/2015.Jenis penelitian ini adalah quasi experiment. Populasi dalam penelitian adalah seluruh siswa kelas X Semester II yang terdiri dari 9 kelas. Pengambilan sampel dilakukan dengan cara cluster random sampling dengan mengambil 2 kelas dari 9 kelas secara acak yaitu kelas X-1 sebagai kelas eksperimen dan kelas X-5 sebagai kelas kontrol. Kelas eksperimen berjumlah 37 orang dan kelas kontrol berjumlah 34 orang. Instrumen yang digunakan untuk mengetahui hasil belajar siswa adalah tes hasil belajar dalam bentuk pilihan berganda dengan jumlah 20 soal. Kelas eksperimen diberikan perlakuan dengan model pembelajaran inkuiri terbimbing dan kelas kontrol dengan pembelajaran konvensional.Hasil pengujian pretes sebelum diberikan perlakuan yang berbeda, yaitu nilai rata-rata pretes kelas eksperimen = 42,02 dengan standar deviasi = 8,93 dan nilai rata-rata pretes kelas kontrol = 39,85 dengan standar deviasi = 9,41. Pada pengujian data pretes kedua kelas diperoleh bahwa data kedua kelas berdistribusi normal dan homogen. Hasil uji t pretes diperoleh thitung< ttabel (1,00<1,98), maka Ho diterima artinya kemampuan awal siswa pada kedua kelas sama. Kemudian diberikan perlakuan yaitu kelas eksperimen dengan model pembelajaran inkuiri terbimbing dan kelas kontrol dengan pembelajaran konvensional. Selama proses pembelajaran, nilai rata-rata aktivitas belajar siswa kelas eksperimen adalah 69,63% dengan kategori aktif dan kelas kontrol adalah 54,97% dengan kategori cukup aktif. Setelah pembelajaran selesai diberikan, diperoleh postes dengan hasil rata-rata kelas eksperimen = 65,00 dengan standar deviasi = 12,58 dan kelas kontrol = 57,94 dengan standar deviasi = 12,37. Dari hasil pengolahan data postes diperoleh bahwa thitung = 2,39 dan ttabel = 1,67, sehingga thitung > ttabel (2,39>1,67) maka H diterima yakni ada perbedaan akibat pengaruh penggunaan model pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap hasil belajar siswa pada materi pokok listrik dinamis di kelas X Semester II SMA Negeri 14 Medan T.P 2014/2015.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2015 FIS 175 |
Keywords: | Model Pembelajaran; Inkuiri Terbimbing; Hasil Belajar; Listrik Dinamis |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > BF511 Affection. Feeling. Emotion L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QC Physics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Mrs Fitri Sry Juliati Sinaga |
Date Deposited: | 08 Apr 2016 08:34 |
Last Modified: | 30 Aug 2016 02:50 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/12663 |