Sagala, Silva Purnama Dewi (2015) PERBEDAAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA YANG DIAJAR DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) DAN TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISON (STAD) PADA POKOK BAHASAN ARITMETIKA SOSIAL DI KELAS VII SMP N. 1 SEI BAMBAN T. A. Undergraduate thesis, UNIMED.
4113111074 COVER.pdf - Published Version
Download (67kB) | Preview
4113111074 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (339kB) | Preview
4113111074 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (222kB) | Preview
4113111074 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (398kB) | Preview
4113111074 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (135kB) | Preview
4113111074 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (49kB) | Preview
4113111074 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (47kB) | Preview
4113111074 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (90kB) | Preview
4113111074 BAB I.pdf - Published Version
Download (697kB) | Preview
4113111074 BAB V.pdf - Published Version
Download (129kB) | Preview
4113111074 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (252kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini merupakan penelitian quasi eksperimen dan dilakukan di SMP. N. 1 Sei Bamban yang bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat perbedaan hasil belajar matematika siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran Kooperatif tipe NHT dan tipe STAD pada pokok bahasan Aritmetika Sosial di Kelas VII SMP N. 1 Sei Bamban T.A. 2014/ 2015.Populasi sasaran dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP N. 1 Sei Bamban T.A. 2014/2015, sedangkan yang menjadi sampel sasaran dalam penelitian ini ada dua kelas, yaitu kelas VII-1sebanyak 42 siswa sebagai kelas eksperimen 1 dengan model pembelajaran Kooperatif tipe NHT dan kelas VII-2 sebanyak 40 siswa sebagai kelas eksperimen 2 dengan model pembelajaran Kooperatif tipe STAD. Instrumen penelitian ini berupa soal Tes Hasil Belajar yang berbentuk pilihan berganda yang telah valid dan reliabel sebanyak 10 soal. Sebelum instrumen diberikan pada siswa kelas eksperimen 1 dan siswa kelas eksperimen 2, soal Tes Hasil Belajar terlebih dahulu diuji coba di kelas VIII-2 SMP N. 1 Sei Bamban.Nilai rata-rata Tes Hasil Belajar yang diajar dengan model pembelajaran Kooperatif tipe NHT pada pretest 32,3809 dan pada postest 54,5238. Sedangkan nilai rata-rata Tes Hasil Belajar siswa yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran Kooperatif tipe STAD pada pretest 31,25 dan pada postest 61,25. Dari hasil analisis data dengan menggunakan data pretest diperoleh, untuk uji normalitas diperoleh kelas eksperimen 1 Ï
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2015 MAT 157 |
Keywords: | Hasil Belajar; Model Kooperatif; Numbered Head Together (NHT); Student Teams AChievement Division (STAD); Aritmetika Sosial |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > BF511 Affection. Feeling. Emotion L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mrs Fitri Sry Juliati Sinaga |
Date Deposited: | 08 Apr 2016 08:34 |
Last Modified: | 29 Aug 2016 07:35 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/12643 |