Darman, Riki (2015) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAMS GAMES TOURNAMENTS (TGT) PADA MATERI BANGUN RUANG SISI DATAR UNTUK SISWA KELAS VIII SMP AN NIZAM TAHUN AJARAN 2014/2015. Undergraduate thesis, UNIMED.
408111094 COVER.pdf - Published Version
Download (37kB) | Preview
408111094 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (151kB) | Preview
408111094 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (133kB) | Preview
408111094 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (37kB) | Preview
408111094 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (156kB) | Preview
408111094 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (190kB) | Preview
408111094 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (40kB) | Preview
408111094 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (184kB) | Preview
408111094 BAB I.pdf - Published Version
Download (630kB) | Preview
408111094 BAB V.pdf - Published Version
Download (74kB) | Preview
408111094 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (200kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk : (1) Mengetahui hasil belajar siswa dalam pembelajaran matematika dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournaments (TGT). (2) Mengetahui kategori pelaksanaan kegiatan pembelajaran matematika melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournaments (TGT).Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP An-Nizam Medan yang berjumlah 35 orang. Objek dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournaments (TGT) pada materi bangun ruang sisi datar tahun ajaran 2014/2015. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang terdiri atas dua siklus.Berdasarkan hasil observasi pada setiap pertemuan, diperoleh rata-rata penilaian setiap pertemuan adalah 2,74 dan pelaksanaan kegiatan pembelajaran termasuk kategori baik. Dari hasil tes awal yang diberikan kepada siswa sebelum tindakan, diketahui tingkat kemampuan siswa rendah dengan rata-rata hasil tes awal adalah 52,43 dan persentase ketuntasan kelas sebesar 28,57%. Dari tes hasil belajar siswa yang tuntas pada siklus I sebanyak 22 siswa atau sebesar 62,85% sedangkan pada siklus II sebanyak 31 siswa atau sebesar 88,57%, diperoleh tingkat ketuntasan belajar siswa secara klasikal meningkat sebesar 25,72%. Dengan demikian, penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournaments (TGT) dapat memberikan hasil belajar yang baik.Dari hasil penelitian yang dilakukan dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournaments (TGT) dapat meningkatkan hasil belajar siswa SMP An-Nizam Medan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2015 MAT 153 |
Keywords: | Hasil belajar; model pembelajaran kooperatif tipe teams games tournaments |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > BF501 Motivation L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mrs Fitri Sry Juliati Sinaga |
Date Deposited: | 08 Apr 2016 08:34 |
Last Modified: | 29 Aug 2016 07:16 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/12637 |