Readora, Putri (2015) PERBEDAAN PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK TALK WRITE DAN PEMBELAJARAN LANGSUNG TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIK SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 1 LUBUK PAKAM. Undergraduate thesis, UNIMED.
4111111016 COVER.pdf - Published Version
Download (67kB) | Preview
4111111016 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (84kB) | Preview
4111111016 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (143kB) | Preview
4111111016 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (159kB) | Preview
4111111016 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (137kB) | Preview
4111111016 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (48kB) | Preview
4111111016 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (48kB) | Preview
4111111016 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (170kB) | Preview
4111111016 BAB I.pdf - Published Version
Download (659kB) | Preview
4111111016 BAB V.pdf - Published Version
Download (51kB) | Preview
4111111016 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (308kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah pengaruh model pembelajaran Kooperatif Tipe Think Talk Write lebih baik daripada pembelajaran langsung terhadap kemampuan komunikasi matematik siswa dan apakah proses jawaban siswa di kelas TTW lebih baik daripada di kelas pembelajaran langsung. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas VIII SMP Negeri 1 Lubuk Pakam TahunAjaran 2014/2015 yang terdiri dari 9 kelas dan jumlah keseluruhan siswa kelas 8 sebanyak 315 orang. Sedangkan yang menjadi sampel dari penelitian ini dipilihduakelas yang menjadisampelpenelitian secara acak, didapat kelas VIII-A dan VIII-B yang berjumlah 39 dan 34 orang orang di masing-masing kelas.Kelas eksperimen yaitu VIII-A menggunakan Model Pembelajran Kooperatif Tipe Think Talk Write dan kelas kontrol yaitu VIII-B menggunakan model pembelajaran langsung.Jenis penelitian ini adalah ekperimen. Sebagai alat pengumpul data digunakan tes PAM dan tes kemampuan komunikasi matematik dalam bentuk tes isian pada materi pokok kubus dan balok sebanyak 4 soal yang telah dinyatakan valid. Dari pengujian yang dilakukan diperoleh bahwa hasil tes PAM kedua sampel berdistribusi normal dan homogen, dengan demikian peneliti bisa memberikan perlakuan keada kedua sampel dan merupakan prasayarat untuk analisis data dengan uji t. Dari hasil uji t rata-rata tes PAM diperolehthitung = 0,54732 danttabel = 1,9964 denganα = 0,05 dandk = 71diperolehbahwauntukkriteriapengujianterima H0jika -1,9964<thitung< 1,9964, untukharga t lainnya H0ditolak. thitung = 0,54732 beradapadadaerahpenerimaan H0makaH0 diterimadan H1ditolak, yang berartitidak terdapatperbedaanyang signifikanantara rata-rata tes PAMsiswakelas eksperimen dan kelas kontrol.Dari hasil penelitian setalah peneliti memberikan perlakuan berbeda kepada kedua kelas sampel, diperoleh nilai rata-rata postes kelas eksperimen 62,61 dan kelas kontrol 43,56. Setelah diuji normalitas dan homogenitasnya, dilakukan uji t dan diperoleh thitung = 4,8 dan ttabel = 1,9964 dengan α = 0,05 dan dk = 71 diperoleh bahwa untuk kriteria pengujian tolak H0 jika thitung â
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2015 MAT 156 |
Keywords: | Model Pembelajaran; Kooperatif; Tipe Think Talk Write; Kemampuan Komunikasi |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > BF511 Affection. Feeling. Emotion L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mrs Fitri Sry Juliati Sinaga |
Date Deposited: | 08 Apr 2016 08:34 |
Last Modified: | 29 Aug 2016 07:09 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/12635 |