Sinaga, Mai Rani Marintan (2015) PERBEDAAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA YANG DIAJAR MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMERED HEADS TOGETHER (NHT) DAN TIPE JIGSAW DI KELAS X SMA SANTO THOMAS 3 MEDAN T.A 2014/2015. Undergraduate thesis, UNIMED.
4113111047 COVER.pdf - Published Version
Download (54kB) | Preview
4113111047 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (320kB) | Preview
4113111047 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (162kB) | Preview
4113111047 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (70kB) | Preview
4113111047 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (96kB) | Preview
4113111047 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (204kB) | Preview
4113111047 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (48kB) | Preview
4113111047 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (172kB) | Preview
4113111047 BAB I.pdf - Published Version
Download (806kB) | Preview
4113111047 BAB V.pdf - Published Version
Download (51kB) | Preview
4113111047 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (160kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah kemampuan komunikasimatematis siswa yang diajar dengan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsawlebih baik daripada kemampuan komunikasi matematis tertulis siswa yang diajardengan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw pada pokok bahasan aturansinus dan kosinus di kelas X SMA Santo Thomas 3 Medan T.A 2014/2015. Jenispenelitian ini adalah penelitian eksperimen.Dalam penelitian ini populasi yang diambil adalah seluruh siswa SMASanto Thomas 3 Medan Kelas X sebanyak 5 kelas. Pengambilan sampel dilakukansecara acak dan banyak sampel dalam penelitian ini terdiri dari 2 kelas, kelaspertama disebut sebagai kelas eksperimen I dan kelas kedua disebut sebagai kelaseksperimen II dan jumlah siswa pada masing-masing kelas adalah 29 orang siswa.Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah soal teskemampuan komunikasi matematis tertulis, yang terdiri dari 6 butir soal uraian,dimana sebelum tes diujikan terlebih dahulu diuji validitas dan reliabilitas. Tesdiberikan sebanyak 2 kali yaitu pretes sebelum diberikan pembelajaran dan postesdiberikan setelah pembelajaran di kedua kelas berakhir.Dari hasil pengolahan data diperoleh rata-rata kemampuan komunikasimatematis tertulis siswa pada hasil pretes diperoleh 1,624 untuk kelas eksperimenI dan 1,47 untuk kelas eksperimen II. Sedangkan pada postes rata-ratakemampuan komunikasi matematis siswa sebesar 5,99 untuk kelas eksperimen Idan 5,53 untuk kelas eksperimen II. Masing-masing kelas meningkat sebesar4,367 untuk kelas eksperimen I dan 4,066 untuk kelas eksperimen II. Daripeningkatan selisih rata-rata dari kedua kelompok dapat dilihat bahwapeningkatan kemampuan komunikasi siswa kelas eksperimen I lebih tinggidaripada kelas eksperimen II.Berdasarkan pengujian hipotesis yang dilakukan yaitu denganmengggunakan uji t dengan � 0,05 diperoleh hitung t (2,1701) > tabel t (1,678). Halini menunjukkan bahwa hitung t berada di dalam penerimaan H0 maka berdasarkanpengujian tersebut diperoleh bahwa H0 ditolak dan berarti a H diterima sehinggadapat dinyatakan bahwa kemampuan komunikasi matematis tertulis siswa yangdiajar dengan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw lebih baik daripadamodel pe,mbelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together pada pokokbahasan aturan sinus dan kosinus di kelas X SMA Santo Thomas 3 Medan T.A2014/2015.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2015 MAT 147 |
Keywords: | komunikasi matematis; numered heads together (NHT); jigsaw |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > BF511 Affection. Feeling. Emotion L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mrs Fitri Sry Juliati Sinaga |
Date Deposited: | 08 Apr 2016 08:34 |
Last Modified: | 30 Aug 2016 04:30 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/12621 |