Sitio, Dian Raesita (2015) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA POKOK BAHASAN KUBUS DAN BALOK DI KELAS VIII SMP NEGERI 1 JORLANG HATARAN T.A 2014/2015. Undergraduate thesis, UNIMED.
4113111019 COVER.pdf - Published Version
Download (67kB) | Preview
4113111019 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (771kB) | Preview
4113111019 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (138kB) | Preview
4113111019 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (53kB) | Preview
4113111019 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (211kB) | Preview
4113111019 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (204kB) | Preview
4113111019 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (170kB) | Preview
4113111019 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (168kB) | Preview
4113111019 BAB I.pdf - Published Version
Download (719kB) | Preview
4113111019 BAB V.pdf - Published Version
Download (134kB) | Preview
4113111019 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (50kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui apakah model pembelajaran problem based learning dapat meningkatkan hasil belajar siswa, (2) mengetahui bagaimana peningkatan hasil belajar siswa dengan menerapkan model pembelajaran problem based learning. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian yaitu kelas VIII-6 SMP Negeri 1 Jorlang Hataran yang berjumlah 29 orang siswa. Objek penelitian adalah penerapan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) pada pokok bahasan kubus dan balok di kelas VIII SMP Negeri 1 Jorlang Hataran pada Tahun Ajaran 2014/2015 Pada awal penelitian dilakukan observasi terhadap hasil belajar siswa dan diperoleh data bahwa rata-rata tes awal awal siswa adalah 54,31. Setelah diberikan perlakuan pada siklus I dengan menerapkan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) maka diperoleh rata-rata hasil belajar siswa pada pertemuan I sebesar 71,21. Ini berarti terjadi peningkatan hasil belajar siswa setelah dilakukan tindakan. Karena rata-rata hasil belajar siswa masih belum mencapai kriteria ketuntasa sekolah yaitu 75, maka dilakukan siklus II. Rata-rata hasil belajar siswa pada siklus II adalah 81,03. Hasil belajar Matematika siswa kelas VIII-6 SMP Negeri 1 Jorlang Hataran setelah diterapkan Model Pembelajaran Problem Based Learning meningkat sebesar 16,90 yaitu dari 54,31 sehingga menjadi 71,21 yaitu pada siklus I dan meningkat sebesar 9,82 yaitu menjadi 81,03 pada siklus II. Menurut indeks Gain peningkatan rata-rata siswa adalah sebesar 0,54 yaitu pada kategori sedang. Sedangkan peningkatan ketuntasan klasikal yaitu sebesar 41,38% dari tes awal yang sebelumnya adalah 24,14% menjadi 65,52% pada siklus I, kemudian meningkat sebesar 20,68% Pada siklus II dengan ketuntasan kelas sebesar 80,20%. Dari hasil penelitian di atas dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa pada pokok bahasan kubus dan balok di kelas VIII-6 SMP Negeri 1 Jorlang Hataran pada Tahun Ajaran 2014/2015.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2015 MAT 134 |
Keywords: | Kubus dan Balok; Hasil Belajar; Volume |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mrs Fitri Sry Juliati Sinaga |
Date Deposited: | 08 Apr 2016 08:34 |
Last Modified: | 29 Aug 2016 05:45 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/12610 |