Halimahtussadiah (2015) PENERAPAN PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PENALARAN SISWA PADA MATERI BARISAN DAN DERET DI SMK SWASTA NAMIRA T.A 2014/2015. Undergraduate thesis, UNIMED.
4113311020 COVER.pdf - Published Version
Download (115kB) | Preview
4113311020 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (196kB) | Preview
4113311020 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (240kB) | Preview
4113311020 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (185kB) | Preview
4113311020 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (139kB) | Preview
4113311020 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (49kB) | Preview
4113311020 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (47kB) | Preview
4113311020 DAFTAR DIAGRAM.pdf - Published Version
Download (48kB) | Preview
4113311020 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (91kB) | Preview
4113311020 BAB I.pdf - Published Version
Download (593kB) | Preview
4113311020 BAB V.pdf - Published Version
Download (236kB) | Preview
4113311020 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (173kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk : (1) Mengetahui peningkatan kemampuan penalaran siswa yang diajar dengan menerapkan model pembelajaran problem based learning, (2) Mengetahui peningkatan hasil belajar siswa. yang diajar dengan menerapkan model pembelajaran problem based learning. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian yaitu kelas X RPL SMK Swasta Namira yang berjumlah 22 siswa. Objek penelitian adalah upaya meningkatkan kemampuan penalaran melalui penerapan model pembelajaran Problem Based Learning pada materi Barisan dan Deret di kelas X SMK Swasta Namira Tahun Pelajaran 2014/2015.Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus. Perbedaan perlakuan pada siklus I dan siklus II terletak pada tahap membimbing penyelidikan. Pada siklus I dibimbing secara individu, sedangkan siklus II dibimbing secara individu dan kelompok. Setiap akhir siklus diberikan tes kemampuan penalaran sebanyak 4 soal.Dari hasil tes awal diketahui rata-rata kemampuan penalaran siswa 45,9 dengan presentase siswa yang telah mencapai nilai KKM sebesar 22,72% dari jumlah siswa. Setelah pemberian tindakan pada siklus I, rata-rata kemampuan penalaran matematika siswa meningkat menjadi 72,5 dengan presentase siswa yang mencapai KKM sebesar 72,7% dari jumlah siswa. Setelah pemberian tindakan pada siklus II, rata-rata kemampuan penalaran matematika siswa meningkat menjadi 84,65 dengan presentase siswa yang mencapai KKM sebesar 86,36% dari jumlah siswa.Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa terjadi peningkatan kemampuan penalaran siswa kelas X RPL SMK Swasta Namira sehingga pembelajaran dengan menerapkan model pembelajaran Problem Based Learning dapat dijadikan salah satu alternatif pembelajaran untuk meningkatkan kemampuan penalaran siswa.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2015 MAT 113 |
Keywords: | Problem Based Learning, Kemampuan Penalaran |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mrs Fitri Sry Juliati Sinaga |
Date Deposited: | 08 Apr 2016 08:34 |
Last Modified: | 29 Aug 2016 05:08 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/12604 |