Tambunan, Ilmah (2015) PEMBELAJARAN MODEL KOOPERATIF DENGAN PENDEKATAN OPEN-ENDED UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH DI KELAS IV SD NEGERI 112191 PERKEBUNAN SENNAH T.A 2014/2015. Undergraduate thesis, UNIMED.
408111062 COVER.pdf - Published Version
Download (78kB) | Preview
408111062 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (781kB) | Preview
408111062 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (327kB) | Preview
408111062 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (45kB) | Preview
408111062 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (82kB) | Preview
408111062 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (47kB) | Preview
408111062 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (55kB) | Preview
408111062 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (47kB) | Preview
408111062 BAB I.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
408111062 BAB V.pdf - Published Version
Download (150kB) | Preview
408111062 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (75kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk : (1) Untuk mengetahui bagaimana tingkat kemampuan pemecahan masalah siswa setelah dilakukan pembelajaran model kooperatif dengan pendekatan open-ended pada materi pokok Pecahan di kelas IV SD Negeri 112191 Perkebunan Sennah tahun ajaran 2014/2015. (2) Untuk mengetahui bagaimana efektivitas pembelajaran matematika siswa setelah dilakukan pembelajaran model kooperatif dengan pendekatan open-ended pada materi pokok Pecahan di kelas IV SD Negeri 112191 Perkebunan Sennah tahun ajaran 2014/2015.Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang terdiri atas dua siklus. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Negeri 112191 Perkebunan Sennah yang berjumlah 27 orang. Objek dari penelitian ini adalah meningkatkan kemampuan pemecahan masalah pada materi pokok Pecahan di kelas IV SD Negeri 112191 Perkebunan Sennah tahun ajaran 2014/2015. Instrumen penelitian yang digunakan adalah tes, observasi, dan dokumen foto. Sedangkan analisis data yang dilakukan di dalam penelitian adalah reduksi data, paparan data dan kesimpulan. Berdasarkan hasil observasi pada setiap pertemuan, diperoleh rata-rata penilaian setiap pertemuan adalah 2,87 dan pelaksanaan kegiatan pembelajaran termasuk kategori baik. Dari tes kemampuan pemecahan masalah I diperoleh sebanyak 17 siswa (62,96%) yang telah mencapai tingkat ketuntasan belajar, sedangkan 10 siswa (37,04%) belum mencapai tingkat ketuntasan belajar. Pada tes kemampuan pemecahan masalah II diperoleh sebanyak 23 orang (85,19%) yang telah mencapai tingkat ketuntasan belajar, sedangkan 4 orang (14,81%) belum mencapai tingkat ketuntasan belajar. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa pembelajaran kooperatif dengan pendekatan Open-ended untuk kemampuan pemecahan masalah siswa mengalami peningkatan sebesar 22,23% dari siklus I.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2015 MAT 154 |
Keywords: | Struktur test; ciri kebahasaan; teks biografi |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mrs Fitri Sry Juliati Sinaga |
Date Deposited: | 08 Apr 2016 08:34 |
Last Modified: | 29 Aug 2016 04:51 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/12599 |