Munte, Februani (2015) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING DENGAN MEDIA HANDHOUT TERHADAP PENINGKATAN HASIL BELAJAR KIMIA SISWA PADA MATERI KONSEP MOL. Undergraduate thesis, UNIMED.
4124131001 COVER.pdf - Published Version
Download (54kB) | Preview
4124131001 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (231kB) | Preview
4124131001 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (91kB) | Preview
4124131001 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (95kB) | Preview
4124131001 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (134kB) | Preview
4124131001 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (48kB) | Preview
4124131001 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (88kB) | Preview
4124131001 BAB I.pdf - Published Version
Download (387kB) | Preview
4124131001 BAB V.pdf - Published Version
Download (170kB) | Preview
4124131001 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (250kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Model PembelajaranProblem Based LearningDengan Media Handout Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Kimia Siswa Pada Materi Konsep Mol. Populasi dalam penelitian ini adalah diambil dua kelas dara 3 kelas yang ada di SMA Negeri 1 Lima puluh. Sampel dilakukan secara total sebagai kelas eksperimen (MIA 1) dan kelas yang kedua sebagai kelas Kontrol (MIA2). Masing-masing sampel terdiri dari 30 0rang .Instrument yang digunakan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar kimia siswaa dalah tes objektif dalam bentuk pilihan ganda sebanyak 20 soal. Kelas eksperimen diberikan perlakuan dengan model pembelajaran Problem Based Learning dengan media Handout terhadap peningkatan hasil belajar kimia siswa pada materi konsep mol. Dan dari hasil penelitian dari kelas eksperimen diperoleh nilai rata-rata pre-tes adalah sebesar 31,637dan rata-rata nilai post-tes pada kelas eksperimen sebesar 83,448, dan nilai rata-rata gain yang diperoleh pada kelas eksperimen adalah sebesar72,00 %. Uji normalitas pre-tes kelas eksperimen adalah Xhitung2 = 10,7dan Xtabel2 = 11,07dan uji normalitas pada kelas control adalah Xhitung= 9,25danXtabel2 = 11,07. Pada uji homogenitas pada kelas eksperimen, diperolehFhitung= 1,278, dan pada kelas control diperoleh Fhitung = 1,55, dan homo genitas pada uji gain diperolehFhitung = 1,35 dimana Ftabel= 1,86 sehingga dari hasil Fhitung yang diperoleh diketahui bahwa Fhitung<Ftabel, maka kedua sampel homogen. Dan pada hasil uji t diperoleh thitung = 2,0 dan ttabel = 1,567, sehingga thitung>ttabel yang berarti Ho ditolak dan terima Ha. Berdasarkan hasil penelitian diatas, maka dapat disimpulkan bawa ada pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning dengan media Handout terhadap peningkatan hasi lbelajar kimia siswa pada materi konsep mol
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2015 KIM 075 |
Keywords: | Problem Based Learning; Media Handout; Konsep Mol |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > BF511 Affection. Feeling. Emotion L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) Q Science > QD Chemistry |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia |
Depositing User: | Mrs Fitri Sry Juliati Sinaga |
Date Deposited: | 08 Apr 2016 08:34 |
Last Modified: | 29 Aug 2016 04:14 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/12588 |