Dwitya, Rizcha (2014) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH DAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI POKOK HUKUM GERAK NEWTON KELAS X SEMESTER GANJIL DI SMA SWASTA DAERAH SEI BEJANGKAR. Undergraduate thesis, UNIMED.
409421026 COVER.pdf - Published Version
Download (39kB) | Preview
409421026 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (565kB) | Preview
409421026 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (64kB) | Preview
409421026 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (62kB) | Preview
409421026 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (64kB) | Preview
409421026 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (34kB) | Preview
409421026 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (35kB) | Preview
409421026 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (36kB) | Preview
409421026 BAB I.pdf - Published Version
Download (150kB) | Preview
409421026 BAB V.pdf - Published Version
Download (66kB) | Preview
409421026 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (65kB) | Preview
Abstract
Telah dilakukan penelitian tentang Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah dan Kemampuan Berpikir Kreatif siswa Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Pokok Hukum Gerak Newton Kelas X Semester Ganjil Di SMA Swasta Daerah Sei Bejangkar T.A. 2013-2014, untuk mengetahui, pengaruh model pembelajaran Berbasis Masalah terhadap hasil belajar siswa, pengaruh kemampuan berpikir kreatif terhadap hasil belajar siswa dan pengaruh interaksi antara model Pembelajaran Berbasis Masalah dan berpikir kreatif terhadap hasil belajar siswa. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Swasta Daerah Sei Bejangkar. Jenis Penelitian ini adalah quasi eksperimen dengan desain penelitian faktorial 2x2. Populasi dalam penelitian adalah seluruh siswa kelas X Semester ganjil yang terdiri dari 3 kelas. Pengambilan sampel dilakukan dengan cara acak yang disebut juga cluster random sampling dengan mengambil 2 kelas dari 3 kelas yaitu kelas X-I sebagai kelas eksperimen dan kelas X-3 sebagai kelas kontrol. Kedua kelas berjumlah 72 orang. Instrumen penelitian yang digunakan adalah tes hasil belajar yang berbentuk essai sebanyak 5 soal yang terlebih dahulu divalidasikan. Uji hipotesis pada penelitian ini menggunakan uji ANAVA dua jalur pada signifikan 𝜶 = 0,05.Dari data penelitian diperoleh nilai rata- rata hasil belajar siswa kelas eksperimen sebesar 77,9 dan untuk kelas kontrol 72,05, pada taraf signifikan 5% diperoleh Fhitung = 4,58 > Ftabel = 3,97. Pada siswa yang memiliki kemampuan berpikir kreatif tinggi diperoleh rata-rata sebesar 85,21 dan kemampuan berpikir kreatif rendah sebesar 70,10. Sementara diperoleh Fhitung = 5,32 > Ftabel = 3,97. sedangkan untuk interaksi antara model pembelajaran dengan kemampuan berpikir kreatif untuk taraf signifikan 5% diperoleh Fhitung = 4,78 > Ftabel = 3,97. Dari hasil penelitian menyatakan terdapat pengaruh model Pembelajaran Berbasis Masalah terhadap hasil belajar siswa, terdapat pengaruh kemampuan berpikir kreatif terhadap hasil belajar siswa, dan terdapat interaksi antara model pembelajaran dengan kemampuan berpikir kreatif.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 531.607 12 Dwi p |
Keywords: | Model Pembelajaran Berbasis Masalah, Konvensional, Kemampuan Berpikir kreatif , Hasil belajar. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QC Physics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Mrs Fitri Sry Juliati Sinaga |
Date Deposited: | 08 Apr 2016 08:34 |
Last Modified: | 29 Aug 2016 02:07 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/12553 |