Tambunan, Twentyna Junita (2015) ANALISIS MISKONSEPSI SISWA PADA MATERI METABOLISME DI KELAS XII IPA SMA SWASTA NUSANTARA LUBUK PAKAM TAHUN PEMBELAJARAN 2014/2015. Undergraduate thesis, UNIMED.
4113141087 COVER.pdf - Published Version
Download (61kB) | Preview
4113141087 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (200kB) | Preview
4113141087 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (94kB) | Preview
4113141087 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (97kB) | Preview
4113141087 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (135kB) | Preview
4113141087 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (51kB) | Preview
4113141087 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (52kB) | Preview
4113141087 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (91kB) | Preview
4113141087 BAB I.pdf - Published Version
Download (306kB) | Preview
4113141087 BAB V.pdf - Published Version
Download (51kB) | Preview
4113141087 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (181kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui miskonsepsi siswa pada materimetabolisme di kelas XII IPA SMA Swasta Nusantara Lubuk Pakam TahunPembelajaran 2014/2015. Miskonsepsi siswa dianalisis berdasarkan indikator dantingkat kognitif pada materi metabolisme. Populasi dalam penelitian ini adalahseluruh siswa kelas XII IPA SMA Swasta Nusantara Lubuk Pakam yang telahmempelajari materi metabolisme. Sampel yang digunakan dalam penelitian inidiambil dengan teknik total sampling sebanyak 3 kelas terdiri dari 114 orang.Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif. Instrumen penelitian yangdigunakan adalah tes diagnostik dua dimensi berupa pilihan berganda denganalasan terbuka dengan lima kemungkinan jawaban yang diikuti dengan pertanyaankonfirmasi tentang tingkat keyakinan atas jawaban yang dipilih setiap butir soal,serta alasan mereka terhadap jawaban yang dipilihnya. Skor tertinggi yang dicapaiseorang siswa adalah +3 dan yang terendah adalah -1. Hasil penelitian inimenunjukkan bahwa persentase miskonsepsi siswa pada materi metabolisme dikelas XII IPA SMA Swasta Nusantara Lubuk Pakam Tahun Pembelajaran2014/2015 sebesar 62,28% dikategorikan miskonsepsi tinggi. Miskonsepsi siswaberdasarkan indikator pada materi metabolisme yang paling banyak di Kelas XIIIPA SMA Swasta Nusantara Lubuk Pakam terdapat pada indikator menjelaskanproses siklus krebs, sedangkan miskonsepsi siswa berdasarkan tingkat kognitifpada materi metabolisme yang paling banyak terdapat pada tingkat kognitif kreasi(C6). Hal tersebut menunjukkan bahwa siswa mengalami miskonsepsi terhadapmateri pelajaran metabolisme.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2015 BIO 116 |
Keywords: | Pelajaran Biologi; Metabolisme; Miskonsepsi Siswa; Tes Diagnostik |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QH Natural history > QH301 Biology |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Mrs Fitri Sry Juliati Sinaga |
Date Deposited: | 08 Apr 2016 08:34 |
Last Modified: | 30 Aug 2016 02:41 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/12545 |