Tarigan, Fristy Yasinta (2015) PERBEDAAN HASIL BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW DENGAN TIPE STAD PADA MATERI SISTEM EKSKRESI DI KELAS XI IPA SMA SWASTA ST.THOMAS 3 MEDAN TAHUN PEMBELAJARAN 2014/2015. Undergraduate thesis, UNIMED.
4113141031 COVER.pdf - Published Version
Download (137kB) | Preview
4113141031 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (104kB) | Preview
4113141031 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (228kB) | Preview
4113141031 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (184kB) | Preview
4113141031 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (185kB) | Preview
4113141031 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (179kB) | Preview
4113141031 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (179kB) | Preview
4113141031 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (182kB) | Preview
4113141031 BAB 1.pdf - Published Version
Download (199kB) | Preview
4113141031 BAB V.pdf - Published Version
Download (105kB) | Preview
4113141031 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (110kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa yang dibelajarkan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw dengan tipe STAD pada materi sistem ekskresi di kelas XI IPA SMA Swasta St.Thomas 3 Medan Tahun Pembelajaran 2014/2015.Jenis penelitian ini adalah eksperimen.Penelitian ini dilakukan pada dua kelas yang berbeda. Masing-masing berjumlah 35 siswa sehingga total sampel adalah 70 siswa. Pada kelas XI IPA 2 dilakukan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dan pada kelas XI IPA 3 dilakukan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw. Untuk mengetahui hipotesis yang dirumuskan dengan menggunakan uji statistik t. Hasil penelitian ini diperoleh bahwa nilai rata-rata pretest kelas STAD adalah 27,54 dan nilai rata-rata pretest kelas Jigsaw adalah 27,65. Sedangkan hasil posttest menunjukkan bahwa hasil belajar siswa yang dibelajarkan dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw pada materi sistem ekskresi pada manusia diperoleh nilai rata-rata 77,02 dengan standart deviasi 8,476 dan hasil belajar siswa yang dibelajarkan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD diperoleh nilai rata-rata 71,08 dengan standart deviasi 8,406. Dari nilai rata-rata hasil belajar siswa yang dibelajarkan menggunakan model kooperatif tipe Jigsaw dan tipe STAD dengan masing-masing standart deviasi dapat disimpulkan bahwa ada perbedaan tidak nyata antara kedua model tersebut. Dari hasil hasil uji hipotesis diperoleh bahwa thitung 2,956 > ttabel 1,9974. Jadi didapat bahwa thitung> ttabel, maka Ha diterima dan H0 ditolak, yang artinya ada perbedaan antara model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw dengan STAD pada materi sistem ekskresi di kelas XI IPA SMA Swasta St.Thomas 3 Medan Tahun Pembelajaran 2014/2015.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2015 BIO 108 |
Keywords: | Model Jigsaw; Model STAD; Hasil Belajar Siswa |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > BF511 Affection. Feeling. Emotion L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QH Natural history > QH301 Biology |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Mrs Fitri Sry Juliati Sinaga |
Date Deposited: | 08 Apr 2016 08:34 |
Last Modified: | 25 Aug 2016 03:47 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/12515 |