PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH TERINTEGRASI INKUIRI TERBIMBING TERHADAP KERJASAMA SISWA DAN HASIL BELAJAR PADA MATERI LARUTAN PENYANGGA SMA NEGERI 7 MEDAN

Hakim, Hasanah (2015) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH TERINTEGRASI INKUIRI TERBIMBING TERHADAP KERJASAMA SISWA DAN HASIL BELAJAR PADA MATERI LARUTAN PENYANGGA SMA NEGERI 7 MEDAN. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 4111531002 COVER.pdf]
Preview
Text
4111531002 COVER.pdf - Published Version

Download (86kB) | Preview
[thumbnail of 4111531002 LEMBAR PENGESAHAN.pdf]
Preview
Text
4111531002 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (488kB) | Preview
[thumbnail of 4111531002 KATA PENGANTAR.pdf]
Preview
Text
4111531002 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (115kB) | Preview
[thumbnail of 4111531002 ABSTRAK.pdf]
Preview
Text
4111531002 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (115kB) | Preview
[thumbnail of 4111531002 DAFTAR ISI.pdf]
Preview
Text
4111531002 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (132kB) | Preview
[thumbnail of 4111531002 DAFTAR TABEL.pdf]
Preview
Text
4111531002 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (89kB) | Preview
[thumbnail of 4111531002 DAFTAR GAMBAR.pdf]
Preview
Text
4111531002 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (84kB) | Preview
[thumbnail of 4111531002 DAFTAR LAMPIRAN.pdf]
Preview
Text
4111531002 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (94kB) | Preview
[thumbnail of 4111531002 BAB I.pdf]
Preview
Text
4111531002 BAB I.pdf - Published Version

Download (321kB) | Preview
[thumbnail of 4111531002 BAB V.pdf]
Preview
Text
4111531002 BAB V.pdf - Published Version

Download (114kB) | Preview
[thumbnail of 4111531002 DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
4111531002 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (145kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar siswa dan kerjasama siswa dengan menggunakan model pembelajaran Berbasis Masalah (PBL) Terintegrasi Inkuiri Terbimbing dan model pembelajaran Berbasis Masalah (PBL) pada materi Larutan Penyangga di kelas XI Semester II SMA Negeri 7 Medan. Jenis penelitian ini adalah penelitian Quasi Experimen. populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI Semester II SMA Negeri 7 Medan yang berjumlah 6 kelas. Pengambilan sampel dilakukan dengan cara Purposif Sampling dengan mengambil 2 kelas, yaitu kelas Eksperimen I mengunakan model PBL Terintegrasi Inkuiri Terbimbing dan kelas Eksperimen II menggunakan model PBL. Berdasarkan analisa data diperoleh hasil pretest dan posttest kedua kelas yang berdistribusi normal dan kelompok yang homogen. Hasil posttest diperoleh rata-rata kelas eksperimen I 81,35, dan kelas eksperimen II 72,4. Rata-rata aktivitas kerjasama siswa pada pertemuan I sebesar 34,5%, pertemuan ke II sebesar 48,7%. Hasil uji t untuk hipotesis hasil belajar diperoleh thitung = 6,798 dan ttabel = 1,684 sehingga thitung > ttabel (6,798 > 1,684) maka Ho ditolak dan Ha diterima, artinya terdapat pengaruh antara hasil belajar siswa pada materi Larutan Penyangga dengan menerapkan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Terintegrasi Inkuiri. Hasil uji t untuk hipotesis kerjasama siswa diperoleh thitung = 2,470 dan ttabel = 1,684 sehingga thitung > ttabel (2,470> 1,684) maka Ho ditolak an Ha diterima, artinya terdapat perbedaan sikap kerjasama siswa yang dibelajarkan menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Terintegrasi Inkuiri Terbimbing pada materi Larutan Penyangga.Kata kunci: Pembelajaran Berbasis Masalah (PBL) terintegrasi Inkuiri Terbimbing, Hasil belajar, Kerjasama siswa

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: SK-2015 KIM 096
Keywords: Struktur test; ciri kebahasaan; teks biografi
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QD Chemistry
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi
Depositing User: Mrs Fitri Sry Juliati Sinaga
Date Deposited: 08 Apr 2016 08:34
Last Modified: 25 Aug 2016 03:31
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/12512

Actions (login required)

View Item
View Item