Hakim, Hasanah (2015) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH TERINTEGRASI INKUIRI TERBIMBING TERHADAP KERJASAMA SISWA DAN HASIL BELAJAR PADA MATERI LARUTAN PENYANGGA SMA NEGERI 7 MEDAN. Undergraduate thesis, UNIMED.
4111531002 COVER.pdf - Published Version
Download (86kB) | Preview
4111531002 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (488kB) | Preview
4111531002 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (115kB) | Preview
4111531002 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (115kB) | Preview
4111531002 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (132kB) | Preview
4111531002 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (89kB) | Preview
4111531002 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (84kB) | Preview
4111531002 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (94kB) | Preview
4111531002 BAB I.pdf - Published Version
Download (321kB) | Preview
4111531002 BAB V.pdf - Published Version
Download (114kB) | Preview
4111531002 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (145kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar siswa dan kerjasama siswa dengan menggunakan model pembelajaran Berbasis Masalah (PBL) Terintegrasi Inkuiri Terbimbing dan model pembelajaran Berbasis Masalah (PBL) pada materi Larutan Penyangga di kelas XI Semester II SMA Negeri 7 Medan. Jenis penelitian ini adalah penelitian Quasi Experimen. populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI Semester II SMA Negeri 7 Medan yang berjumlah 6 kelas. Pengambilan sampel dilakukan dengan cara Purposif Sampling dengan mengambil 2 kelas, yaitu kelas Eksperimen I mengunakan model PBL Terintegrasi Inkuiri Terbimbing dan kelas Eksperimen II menggunakan model PBL. Berdasarkan analisa data diperoleh hasil pretest dan posttest kedua kelas yang berdistribusi normal dan kelompok yang homogen. Hasil posttest diperoleh rata-rata kelas eksperimen I 81,35, dan kelas eksperimen II 72,4. Rata-rata aktivitas kerjasama siswa pada pertemuan I sebesar 34,5%, pertemuan ke II sebesar 48,7%. Hasil uji t untuk hipotesis hasil belajar diperoleh thitung = 6,798 dan ttabel = 1,684 sehingga thitung > ttabel (6,798 > 1,684) maka Ho ditolak dan Ha diterima, artinya terdapat pengaruh antara hasil belajar siswa pada materi Larutan Penyangga dengan menerapkan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Terintegrasi Inkuiri. Hasil uji t untuk hipotesis kerjasama siswa diperoleh thitung = 2,470 dan ttabel = 1,684 sehingga thitung > ttabel (2,470> 1,684) maka Ho ditolak an Ha diterima, artinya terdapat perbedaan sikap kerjasama siswa yang dibelajarkan menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Terintegrasi Inkuiri Terbimbing pada materi Larutan Penyangga.Kata kunci: Pembelajaran Berbasis Masalah (PBL) terintegrasi Inkuiri Terbimbing, Hasil belajar, Kerjasama siswa
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2015 KIM 096 |
Keywords: | Struktur test; ciri kebahasaan; teks biografi |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QD Chemistry |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Mrs Fitri Sry Juliati Sinaga |
Date Deposited: | 08 Apr 2016 08:34 |
Last Modified: | 25 Aug 2016 03:31 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/12512 |