Siregar, Anisa Vibrianda (2015) PENGGUNAAN MODEL DISCOVERY LEARNING PADA MATERI SUHU DAN KALOR UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS X SEMESTER GENAP SMK ISTIQLAL DELI TUA T.P. 2014/2015. Undergraduate thesis, UNIMED.
4102121027 COVER.pdf - Published Version
Download (30kB) | Preview
4102121027 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (58kB) | Preview
4102121027 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (230kB) | Preview
4102121027 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (109kB) | Preview
4102121027 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (228kB) | Preview
4102121027 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (164kB) | Preview
4102121027 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (26kB) | Preview
4102121027 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (152kB) | Preview
4102121027 BAB I.pdf - Published Version
Download (98kB) | Preview
4102121027 BAB V.pdf - Published Version
Download (107kB) | Preview
4102121027 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (111kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan peningkatan hasil belajar peserta didik dengan menerapkan dua buah model pembelajaran yang berbeda yaitu model yaitu model discovery learning dan model pembelajaran konvensional. Penerapan model discovery learning ini didasarkan atas kelebihannya yang menekankan pada penemuan peserta didik sendiri dan diterapkan melalui pendekatan SETS (Science, Environment, Technology, Society) sehingga arahan penemuan siswa kepada ilmu sains yaitu fisika yang akan dikaitkan dengan dengan lingkungan, teknologi dan masyarakat. Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas X semester genap SMK Istiqlal Deli Tua yang terdiri dari 7 kelas. Pengambilan sampel dilakukan dengan cara cluster random sampling dengan mengambil 2 kelas dari 7 kelas secara acak yaitu kelas X Multi Media 1 sebagai kelas eksperimen berjumlah 30 peserta didik dan kelas X Multi Media 3 sebagai kelas kontrol berjumlah 30 peserta didik. Instrumen yang digunakan untuk mengetahui hasil belajar siswa adalah tes hasil belajar dalam bentuk pilihan berganda dengan jumlah 15 soal. Hasil pengujian pretes sebelum diberikan perlakuan yang berbeda yaitu, nilai rata-rata pretes kelas eksperimen 28,22 dengan standar deviasi 10,99 dan nilai rata-rata pretes kelas kontrol 22,89 dengan standar deviasi 9,04. Berdasarkan hasil analisis data kedua kelas berdistribusi normal dan homogen. Setelah dilakukan uji t dua pihak diperoleh thitung = 2,002 dan ttabel = 0,275 sehingga thitung < ttabel berarti kemampuan awal peserta didik kedua kelas sama. Setelah pembelajaran selesai dilakukan dengan menerapkan dua model yang berbeda, diperoleh postes dengan hasil rata-rata kelas eksperimen 50,67 dengan standar deviasi 10,74 dan kelas kontrol 28,22 dengan standar deviasi 10,59. Berdasarkan hasil analisis data kedua kelas berdistribusi normal dan homogen. Setelah dilakukan uji t satu pihak diperoleh bahwa thitung = 8,15 dan ttabel = 1,67sehingga thitung > tabel (8,15 > 1,67) maka Ha diterima yaitu terdapat perbedaan peningkatan hasil belajar peserta didik dengan menggunakan model discovery learning melalui pendekatan SETS dan model pembelajaran konvensional pada materi pokok suhu dan kalor semester genap T.P. 2014/2015.Kata kunci: Model Pembelajaran Discovery Learning, Pembelajaran Konvensional, Pendekatan SETS dan Hasil Belajar
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2015 FIS 161 |
Keywords: | Model Pembelajaran Discovery Learning; Pembelajaran Konvensional; Pendekatan SETS; Hasil Belajar |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Mrs Fitri Sry Juliati Sinaga |
Date Deposited: | 08 Apr 2016 08:34 |
Last Modified: | 25 Aug 2016 03:14 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/12508 |