Situmorang, Lenny P. S. (2015) EFEK MODEL PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI SUHU DAN KALOR DI KELAS X SEMESTER II SMA NEGERI 1 LAGUBOTI T.P. 2014/2015. Undergraduate thesis, UNIMED.
4111121012 COVER.pdf - Published Version
Download (110kB) | Preview
4111121012 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (47kB) | Preview
4111121012 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (80kB) | Preview
4111121012 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (27kB) | Preview
4111121012 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (30kB) | Preview
4111121012 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (27kB) | Preview
4111121012 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (103kB) | Preview
4111121012 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (30kB) | Preview
4111121012 BAB I.pdf - Published Version
Download (153kB) | Preview
4111121012 BAB V.pdf - Published Version
Download (106kB) | Preview
4111121012 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (190kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model problem based learning terhadap hasil belajar fisika siswa pada materi Suhu dan Kalor di kelas X SMA Negeri 1 Laguboti T.P 2014/2015. Jenis penelitian ini adalah quasi eksperiment dengan desain control group pretest-posttest. Pengambilan sampel dilakukan dengan cara cluster random sampling dengan mengambil dua kelas dari tujuh kelas yaitu kelas X-2 sebagai kelas eksperimen yang berjumlah 34 orang dan kelas X-5 sebagai kelas kontrol yang berjumlah 32 orang. Instrumen yang digunakan berupa tes hasil belajar dalam ranah kognitif berbentuk uraian yang terdiri dari 10 soal yang sudah divalidasi dan lembar observasi untuk mengukur aktivitas, afektif dan psikomotorik. Berdasarkan hasil penelitian di kelas eksperimen diperoleh peningkatan aktivitas dalam kategori tinggi dan psikomotorik termasuk dalam kategori sedang serta peningkatan afektif pada kedua kelas tergolong rendah. Persentase peningkatan hasil belajar di kelas eksperimen dalam ranah kognitif 66,4% sedangkan di kelas kontrol 53,02%, masing-masing dalam kategori sedang. Berdasarkan hasil uji hipotesis menggunakan uji beda (uji-t) diperoleh ada efek yang signifikan penerapan model problem based learning terhadap hasil belajar fisika siswa pada materi Suhu dan Kalor di kelas X semester II SMA Negeri 1 Laguboti T.P 2014/2015.Kata kunci : model problem based learning, hasil belajar, aktivitas, N-gain.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2015 FIS 157 |
Keywords: | Model Problem Based Learning; Hasil Belajar; Aktivitas; N-Gain |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QC Physics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Mrs Fitri Sry Juliati Sinaga |
Date Deposited: | 08 Apr 2016 08:34 |
Last Modified: | 24 Aug 2016 10:08 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/12476 |