Manik, Derman (2015) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA PADA POKOK BAHASAN PELUANG SISWA KELAS X SMA N 3 MEDAN T.A 2014/2015. Undergraduate thesis, UNIMED.
4113111017 COVER.pdf - Published Version
Download (40kB) | Preview
4113111017 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (83kB) | Preview
4113111017 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (62kB) | Preview
4113111017 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (33kB) | Preview
4113111017 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (85kB) | Preview
4113111017 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (31kB) | Preview
4113111017 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (31kB) | Preview
4113111017 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (58kB) | Preview
4113111017 BAB I.pdf - Published Version
Download (238kB) | Preview
4113111017 BAB V.pdf - Published Version
Download (32kB) | Preview
4113111017 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (59kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematika pada pokok bahasan peluang di kelas X MIA-2 SMA N 3 Medan melalui model Pembelajaran Berbasis Masalah.Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam 2 siklus, siklus I terdiri dari 2 kali pertemuan dan pada siklus II terdiri dari 2 kali pertemuan. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas X MIA-2 SMA N 3 Medan yang berjumlah 40 orang. Objek dalam penelitian ini adalah pembelajaran dengan menerapkan model Pembelajaran Berbasis Masalah untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa.Berdasarkan hasil analisis data setelah pemberian tindakan diperoleh pada siklus I terdapat 21 orang siswa (52,5%) yang memperoleh mencapai ketuntasan belajar dengan rata-rata kelas 69,5. Pada siklus II diperoleh 34 orang siswa (85%) yang memperoleh kategori kemampuan pemecahan masalah (mencapai ketuntasan belajar) dengan rata-rata kelas 83,04. Dari siklus I ke siklus II diperoleh peningkatan jumlah siswa yang mencapai ketuntasan belajar yaitu sebanyak 13 orang siswa (32,5%) dan nilai rata-rata kelas meningkat sebesar 13,54. Berdasarkan hasil observasi yang dilakukan oleh observer, diperoleh pengelolaan pembelajaran yang dilaksanakan oleh peneliti pada siklus I termasuk dalam kategori kurang. Pada siklus II tingkat kemampuan peneliti mengelola pembelajaran termasuk kategori baik.Dengan demikian dapat dikatakan kelas tersebut telah memenuhi 85% kriteria ketuntasan belajar siswa. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa terjadi peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa kelas X MIA-2 SMA N 3 Medan T.A 2014/2015 sehingga pembelajaran dengan menggunakan model Pembelajaran Berbasis Masalah dapat dijadikan salah satu alternatif pembelajaran.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2015 MAT 150 |
Keywords: | Pembelajaran Berbasis Masalah; Kemampuan Pemecahan Masalah |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mrs Fitri Sry Juliati Sinaga |
Date Deposited: | 08 Apr 2016 08:34 |
Last Modified: | 24 Aug 2016 09:44 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/12470 |