Hutasuhut, Devi Astriana (2015) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF THINK PAIR SHARE YANG DILENGKAPI MEDIA KARTU BERPASANGAN (INDEX CARD MATCH) TERHADAP HASIL BELAJAR KIMIA POKOK BAHASAN HIDROKARBON. Undergraduate thesis, UNIMED.
4113331008 COVER.pdf - Published Version
Download (118kB) | Preview
4113331008 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (123kB) | Preview
4113331008 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (154kB) | Preview
4113331008 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (72kB) | Preview
4113331008 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (107kB) | Preview
4113331008 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (104kB) | Preview
4113331008 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (103kB) | Preview
4113331008 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (149kB) | Preview
4113331008 BAB I.pdf - Published Version
Download (154kB) | Preview
4113331008 BAB V.pdf - Published Version
Download (104kB) | Preview
4113331008 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (36kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah hasil belajar kimia siswa yang menerapkan model pembelajaran Think Pair Share yang dilengkapi media kartu berpasangan (Index Card Match) lebih tinggi dibandingkan dengan model pembelajaran Think Pair Share pada pokok bahasan Hidrokarbon, bagaimana korelasi sikap kerjasama terhadap peningkatan hasil belajar siswa dan seberapa besar kontribusinya. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X IPA SMA Negeri 11 Medan yang berjumlah 8 kelas sedangkan sampel dalam penelitian ini sebanyak 2 kelas yang diambil secara purposif sampling, yakni sebagai kelas eksperimen I dan kelas eksperimen II. Masing-masing kelas terdiri atas 38 orang siswa. Siswa pada kelas eksperimen I diberi pengajaran menggunakan model pembelajaran Think Pair Share yang dilengkapi media kartu berpasangan Index Card Match Sedangkan siswa pada kelas eksperimen II diberi pengajaran dengan model pembelajaran Think Pair Share. Jenis penelitian ini adalah penelitian ekperimental. Instrumen tes yang valid sebanyak 20 soal dan dinyatakan reliabel = 0,7735. Hasil pengolahan data menunjukkan siswa pada kelas ekperimen I memiliki rata-rata nilai pre-test 38,03 dan post-tes 87,37 dan siswa pada kelas eksperimen II memiliki rata-rata nilai pre-test 33,29 dan pos-tes 82,5. Persentase peningkatan hasil belajar kelas eksperimen I 80,2% dan pada kelas eksperimen II 73,4% sehingga terdapat perbedaan peningkatan hasil belajar sebesar 6,8%. Berdasarkan hasil uji persyaratan data, diketahui bahwa data hasil pretest, postest dan gain pada kelas eksperimen I dan eksperimen II berdistribusi normal dan homogen. Sedangkan untuk uji hipotesis dengan taraf signifikan 0,05 diperoleh thitung â
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2015 KIM 139 |
Keywords: | Think Pair Share (TPS); Index Card Match; Hidrokarbon; Kerja Sama |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) Q Science > QD Chemistry |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia |
Depositing User: | Mrs Fitri Sry Juliati Sinaga |
Date Deposited: | 08 Apr 2016 08:34 |
Last Modified: | 30 Aug 2016 04:18 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/12469 |