Novita, Dian (2015) UPAYA MENINGKATKAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA PADA POKOK BAHASAN ARITMATIKA SOSIAL DI KELASVII-A SMP IT RAHMAT MARINDAL I MELALUI METODEPEMBELAJARAN TUTOR SEBAYA TA.2014/2015. Undergraduate thesis, UNIMED.
4112111006 COVER.pdf - Published Version
Download (34kB) | Preview
4112111006 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (155kB) | Preview
4112111006 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (104kB) | Preview
4112111006 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (153kB) | Preview
4112111006 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (110kB) | Preview
4112111006 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (102kB) | Preview
4112111006 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (102kB) | Preview
4112111006 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (107kB) | Preview
4112111006 BAB I.pdf - Published Version
Download (248kB) | Preview
4112111006 BAB V.pdf - Published Version
Download (210kB) | Preview
4112111006 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (104kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada peningkatan kemampuan komunikasi matematik siswa setelah menggunakan metode pembelajaran tutor sebaya pada pokok bahasan Aritmatika Sosial di Kelas VII SMP IT Rahmat Marindal I Tahun Ajaran 2014/2015. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK)dan dilakukan dalam 2 siklus. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VII-A yang berjumlah 38 orang. Objek penelitian ini adalah meningkatkan kemampuan matematik siswa dalam metode pembelajaran tutor sebaya pada materi aritmatika sosial. Istrumen pengumpulan data yaitu tes kemampuan komunikasi matematik siswa, lembar observasi.Sebelum pemberian tindakan terlebih dahulu diadakan tes kemampuan komunikasi awal. Dari 38 orang siswa yang menikuti tes kemampuan komunikasi matematika awal, nilai explanation tertinggi 10, nilai representasi tertinggi 10 dan nilai drawing tertinggi 15 sehingga nilai maksimal siswa hanya 35 dengan kata lain tidak ada siswa yang mencapai 65 keatas atau tuntas dan nilai rata-rata yang diperoleh adalah 10,6. Pada siklus I, diperoleh nilai explanation tertinggi 30, nilai representasi tertinggi 30 dan nilai drawing tertinggi 20, sehingga nilai maksimal siswa hanya 80. Sebanyak 20 orang (52,63%) yang mencapai nilai 65 keatas atau tuntas, sedangkan sebanyak 18 orang memperoleh nilai kurang dari 65 atau tidak tuntas dengan rata-rata kelas 56,94. Pada akhir siklus II diperoleh nilai explanation tertinggi 40, nilai representasi tertingi 40, dan nilai drawing tertinggi 30 sehingga nilai maksimal siswa 100. Sebanyak 35 orang (92,1%) mencapai nilai 65 keatas atau tuntas, sedangkan 3 orang memperoleh nilai kurang dari 65 keatas atau tidak tuntas dengan nilai rata-rata kelas 72,23. Hasil observasi guru pada siklus I diperoleh nilai rata-rata 2,95 yang berarti pembelajaran yang dilakukan guru baik. Sedangkan pada siklus II diperoleh nilai rata-rata 3,3 yang berarti pembelajaran yang dilakukan guru berjalan dengan baik. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan metode pembelajaran tutor sebaya dalam pembelajaran matematika dapat meningkatkan kemampuan komunikasi matematik siswa pada pokok bahasan aritmatika sosial di kelas VII SMP IT Rahmat Marindal I.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2015 MAT 130 |
Keywords: | Abstrak |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > BF501 Motivation L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mrs Fitri Sry Juliati Sinaga |
Date Deposited: | 08 Apr 2016 08:34 |
Last Modified: | 30 Aug 2016 03:48 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/12464 |