Purnama, Sherly Mega (2015) PENERAPAN MEDIA ANIMASI DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI POKOK SISTEM EKSKRESI MANUSIA DI KELAS XI IPA SMA NEGERI 11 MEDAN TAHUN PEMBELAJARAN 2014/2015. Undergraduate thesis, UNIMED.
4113341039 COVER.pdf - Published Version
Download (86kB) | Preview
4113341039 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (141kB) | Preview
4113341039 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (82kB) | Preview
4113341039 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (81kB) | Preview
4113341039 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (78kB) | Preview
4113341039 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (74kB) | Preview
4113341039 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (76kB) | Preview
4113341039 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (53kB) | Preview
4113341039 BAB I.pdf - Published Version
Download (103kB) | Preview
4113341039 BAB V.pdf - Published Version
Download (78kB) | Preview
4113341039 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (83kB) | Preview
Abstract
ABSTRAKPenelitian Tindakan Kelas (PTK) ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar sisiwa setelah penerapan media animasi dalam pembelajaran Biologi Pada Materi Pokok Sistem Ekskresi Manusia Siswa Kelas XI IPA SMAN 11 Medan Tahun Pembelajaran 2014/2015. Siklus I siswa diajar dengan menerapkan metode ceramah-diskusi dan pada siklus II siswa diajar dengan menggunakan media animasi dan metode ceramah-diskusi. Alat pengumpul data pada setiap siklus terdiri atas tes pilihan berganda. Tes dilakukan sekali setiap siklus yaitu pada setiap akhir siklus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan metode ceramah-diskusi pada siklus I rata-rata hasil belajar siswa 53 dengan tingkat ketuntasan belajar secara klasikal 33,3% (KKN 80). Selanjutnya pada siklus II menyebabkan rata-rata hasil belajar siswa menjadi 83 dengan tingkat ketuntasan belajar secara klasikal 86%. Jadi, dapat disimpulkan bahwa metode ceramah-diskusi yang dikombinasikan dengan media animasi dapat merangsang keaktifan siswa selama proses pembelajaran dan membantu mereka untuk memahami topik yang sedang dipelajari, sehingga hasi belajarnya menjadi meningkat (tuntas klasikal).
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2015 BIO 138 |
Keywords: | Media Animasi; Hasil Belajar; Ceramah-diskusi |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Mrs Fitri Sry Juliati Sinaga |
Date Deposited: | 08 Apr 2016 08:34 |
Last Modified: | 24 Aug 2016 09:20 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/12463 |