Rismawati (2015) PENERAPAN PENDEKATAN OPEN-ENDED UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA PADA MATERI BANGUN RUANG KUBUS DAN BALOK DI KELAS VIII SMP N 1 SEI RAMPAH T.A 2014/2015. Undergraduate thesis, UNIMED.
4112111015 COVER.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
4112111015 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (217kB) | Preview
4112111015 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (229kB) | Preview
4112111015 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (180kB) | Preview
4112111015 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (204kB) | Preview
4112111015 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (183kB) | Preview
4112111015 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (185kB) | Preview
4112111015 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (191kB) | Preview
4112111015 BAB I.pdf - Published Version
Download (210kB) | Preview
4112111015 BAB V.pdf - Published Version
Download (108kB) | Preview
4112111015 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (182kB) | Preview
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan hasil belajar matematika siswa kelas VIII SMP N 1 Sei Rampah T.A. 2014/2015 dengan penerapan pendekatan Open-Ended. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelass (Classroom Action Research). Penelitian ini dilaksanakan di kelas VIII-6 SMP N 1 Sei Rampah pada semester genap tahun ajaran 2014/2015. Sedangkan objek dalam penelitian ini adalah penerapan pendekatan Open-Ended untuk meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas VIII-6 SMP N 1 Sei Rampah T.A 2014/2015. Instrumen penelitian dalam mengumpulkan data adalah tes hasil belajar dan lembar observasi. Tes digunakan untuk mengetahui bagaimana kemampuan siswa pada materi bangun ruang kubus dan balok saat dilakukan tindakan pembelajaran dengan pendekatan Open-Ended dan lembar observasi digunakan untuk mengamati kegiatan belajar mengajar siswa pada saat menerapkan pendekatan Open-Ended. Dari hasil penelitian diperoleh bahwa pembelajaran mengalami peningkatan, dimana berdasarkan hasil observasi guru siklus I masih termasuk ke dalam kategori kurang baik dan siklus II termasuk ke dalam kategori baik. Sedangkan hasil observasi siswa siklus I masih termasuk ke dalam kategori kurang baik dan siklus II termasuk ke dalam kategori baik. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh bahwa pendekatan Open-Ended dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa, dimana pada pre test siswa yang tuntas hanya 3 siswa (7,5%). Pada siklus I mengalami peningkatan menjadi 21 siswa (52,5%) dan pada siklus II telah memenuhi Persentase Ketuntasan Klasikal (PKK) dimana siswa yang tuntas 34 siswa (85%) dan kelas dikatakan tuntas.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2015 MAT 140 |
Keywords: | - |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mrs Fitri Sry Juliati Sinaga |
Date Deposited: | 08 Apr 2016 08:34 |
Last Modified: | 24 Aug 2016 09:05 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/12459 |