Tazkia, Zahra (2015) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI POKOK LISTRIK DINAMIS DI KELAS X SEMESTER II SMA NEGERI 10 MEDAN T.P. 2014/2015. Undergraduate thesis, UNIMED.
4112121016 COVER.pdf - Published Version
Download (40kB) | Preview
4112121016 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
4112121016 KLATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (152kB) | Preview
4112121016 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (374kB) | Preview
4112121016 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (30kB) | Preview
4112121016 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (26kB) | Preview
4112121016 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (26kB) | Preview
4112121016 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (107kB) | Preview
4112121016 BAB I.pdf - Published Version
Download (167kB) | Preview
4112121016 BAB V.pdf - Published Version
Download (107kB) | Preview
4112121016 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (107kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan model pembelajaran berbasis masalahterhadap hasil belajar pada materi pokok Listrik Dinamis dikelas X Semester II SMA Negeri 10 MedanT.P.2014/2015.Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen.Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas Xyang terdiri dari 6 kelas. Pengambilan sampel dilakukan dengan cara cluster random sampling dengan mengambil 2 kelas dari 6 kelas secara acak yaitu kelas X-2 sebagai kelas eksperimen yang berjumlah 33 orang dan kelas X-1 sebagai kelas kontrol yang berjumlah 33 orang. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini ada dua, yaitu:1) Tes hasil belajardalam bentuk essay dengan jumlah 9soal yang telah dinyatakan valid oleh validator dan 2) Lembar observasi aktivitas belajar siswa. Untuk menguji hipotesis digunakan uji beda, setelah uji prasyarat dilakukan, yaitu uji normalitas dan uji homogenitas. Data penelitian menunjukkan, nilai rata-rata pretes kelas eksperimen 17.58 dan nilai rata-rata kelas kontrol 18.18, hasil uji t diperoleh thitung = -0.37 dan ttabel = 2.66 karena- ttabel< thitung< ttabelmaka kedua sampel mempunyai kemampuan awal yang sama.Setelah diberikan perlakuan yang berbeda diperoleh nilai rata-rata postes kelas eksperimen 60.33 dan kelas kontrol 50.70. Hasil uji t diperoleh thitung = 2.62 dan ttabel = 2.39karena thitung> ttabel maka Ha diterima, yang berarti hasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran berbasis masalah lebih tinggi dibandingkan dengan hasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran konvensional.Kata Kunci: Model Pembelajaran Berbasis Masalah
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2015 FIS 140 |
Keywords: | Model Pembelajaran Berbasis Masalah: Listrik Dinamis |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > BF511 Affection. Feeling. Emotion L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QC Physics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Mrs Fitri Sry Juliati Sinaga |
Date Deposited: | 08 Apr 2016 08:34 |
Last Modified: | 24 Aug 2016 07:28 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/12433 |