Nurlaily (2015) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INQUIRY TRAINING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI SUHU DAN KALOR DI KELAS X SEMESTER II SMA NEGERI 1 PERCUT SEI TUAN T.P. 2014/2015. Undergraduate thesis, UNIMED.
4113121046 COVER.pdf - Published Version
Download (108kB) | Preview
4113121046 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (161kB) | Preview
4113121046 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (186kB) | Preview
4113121046 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (33kB) | Preview
4113121046 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (108kB) | Preview
4113121046 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (126kB) | Preview
4113121046 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (104kB) | Preview
4113121046 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (107kB) | Preview
4113121046 BAB I.pdf - Published Version
Download (208kB) | Preview
4113121046 BAB V.pdf - Published Version
Download (110kB) | Preview
4113121046 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (146kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya perbedaan akibat pengaruh model pembelajaran inquiry training terhadap hasil belajar beserta mengetahui aktivitas belajar siswa selama proses pembelajaran pada materi suhu dan kalor di kelas X semester II SMA Negeri 1 Percut Sei Tuan T.P 2014/2015.Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen dengan desain two group Pre-test dan Pos-test. Populasi dalam penelitian adalah seluruh siswa kelas X semester II SMA Negeri 1 Percut Sei Tuan yang terdiri dari 5 kelas. Pengambilan sampel dilakukan dengan cara cluster random sampling dengan mengambil 2 kelas dari 5 kelas secara acak yaitu kelas X Mia5 sebagai kelas eksperimen dan kelas X Mia3 sebagai kelas kontrol yang masing-masing kelas berjumlah 33 orang. Instrumen yang digunakan untuk mengetahui hasil belajar adalah tes hasil belajar dalam bentuk pilihan berganda dengan jumlah 14 soal dengan 5 option. Aktivitas siswa dengan menggunakan lembar observasi yang dilakukan oleh observer.Berdasarkan analisa data, nilai rata-rata pretes kelas eksperimen 32,45 dan kelas kontrol 36,12. Pada pengujian normalitas untuk pretes pada kelas eksperimen dan kelas kontrol diperoleh Lhitung < Ltabel, maka data kedua kelas berdistribusi normal. Pada uji homogenitas diperoleh Fhitung < Ftabel , maka kedua sampel berasal dari kelompok yang homogen. Kemudian diberikan perlakuan yang berbeda, kelas eksperimen dengan model pembelajaran inquiry training dan kelas kontrol dengan model pembelajaran konvensional. Setelah dilakukan perlakuan pada masing-masing kelas, nilai rata-rata postes kelas eksperimen 81,79 dan kelas kontrol 73,78. Aktivitas siswa kelas eksperimen dari tiap pertemuan mengalami peningkatan, dari kategori kurang aktif hingga kategori aktif. Hasil uji t diperoleh thitung = 3,99 dan ttabel = 2,39 sehingga thitung > ttabel maka Ha diterima, yang berarti ada perbedaan akibat pengaruh model pembelajaran inquiry training terhadap hasil belajar siswa pada materi suhu dan kalor di kelas X semester II SMA Negeri 1 Percut Sei Tuan T.P 2014/2015.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2015 FIS 142 |
Keywords: | Inquiry Training; Aktivitas |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > BF501 Motivation L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QC Physics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Mrs Fitri Sry Juliati Sinaga |
Date Deposited: | 08 Apr 2016 08:34 |
Last Modified: | 24 Aug 2016 07:14 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/12428 |