Handayani, Aprilia (2015) PERBANDINGAN HASIL BELAJAR SISWA YANG DIBELAJARKAN DENGAN MENGGUNAKAN METODE PRAKTIKUM DAN DEMONSTRASI DALAM PEMBELAJARAN KOOPERATIF BERBASIS MASALAH PADA MATERI HIDROLISIS GARAM DI MAN 1 MEDAN. Undergraduate thesis, UNIMED.
4113131087 COVER.pdf - Published Version
Download (51kB) | Preview
4113131087 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (225kB) | Preview
4113131087 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (53kB) | Preview
4113131087 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (47kB) | Preview
4113131087 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (49kB) | Preview
4113131087 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (46kB) | Preview
4113131087 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (45kB) | Preview
4113131087 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (47kB) | Preview
4113131087 BAB I.pdf - Published Version
Download (64kB) | Preview
4113131087 BAB V.pdf - Published Version
Download (48kB) | Preview
4113131087 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (59kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbandingan hasil belajar siswa menggunakan metode praktikum dan demonstrasi dalam Pembelajaran Kooperatif Berbasis Masalah pada materi Hidrolisis Garam di Kelas XI MAN 1 Medan. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPA MAN 1 Medan yang terdiri dari 6 kelas. Sampel kelas dalam penelitian ini ditentukan dengan teknik random sampling sementara sampel siswa ditentukan dengan teknik purposive sampling. Sampel kelas terdiri atas kelas yang diberi pembelajaran dengan menggunakan metode praktikum dan kelas yang diberi pembelajaran dengan menggunakan metode demonstrasi namun sama-sama menggunakan pembelajaran Kooperatif Berbasis Masalah. Teknik pengumpulan data hasil belajar menggunakan metode tes. Teknik analisis data untuk pengujian hipotesis dilakukan dengan menggunakan uji t- pihak kanan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunakan pembelajaran Kooperatif Berbasis Masalah dengan metode praktikum memberikan hasil belajar yang lebih tinggi dibandingkan dengan metode demonstrasi pada materi pokok Hidrolisis Garam di kelas XI MAN 1 Medan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2015 KIM 118 |
Keywords: | Hasil Belajar; Kooperatif; Hidrolisi Garam |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QD Chemistry |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia |
Depositing User: | Mrs Fitri Sry Juliati Sinaga |
Date Deposited: | 08 Apr 2016 08:34 |
Last Modified: | 24 Aug 2016 06:24 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/12419 |