PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL (CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI POKOK KINETIK GAS DI KELAS XI SEMESTER II SMA N 11 MEDAN T.P 2014/2015

Simamora, Moses Saut Maruba (2015) PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL (CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI POKOK KINETIK GAS DI KELAS XI SEMESTER II SMA N 11 MEDAN T.P 2014/2015. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 4113121042 COVER.pdf]
Preview
Text
4113121042 COVER.pdf - Published Version

Download (32kB) | Preview
[thumbnail of 4113121042 LEMBAR PENGESAHAN.pdf]
Preview
Text
4113121042 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (132kB) | Preview
[thumbnail of 4113121042 KATA PENGANTAR.pdf]
Preview
Text
4113121042 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (101kB) | Preview
[thumbnail of 4113121042 ABSTRAK.pdf]
Preview
Text
4113121042 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (76kB) | Preview
[thumbnail of 4113121042 DAFTAR ISI.pdf]
Preview
Text
4113121042 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (185kB) | Preview
[thumbnail of 4113121042 DAFTAR TABEL.pdf]
Preview
Text
4113121042 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (68kB) | Preview
[thumbnail of 4113121042 DAFTAR GAMBAR.pdf]
Preview
Text
4113121042 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (26kB) | Preview
[thumbnail of 4113121042 DAFTAR LAMPIRAN.pdf]
Preview
Text
4113121042 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (71kB) | Preview
[thumbnail of 4113121042 BAB I.pdf]
Preview
Text
4113121042 BAB I.pdf - Published Version

Download (129kB) | Preview
[thumbnail of 4113121042 BAB V.pdf]
Preview
Text
4113121042 BAB V.pdf - Published Version

Download (30kB) | Preview
[thumbnail of 4113121042 DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
4113121042 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (78kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan strategi pembelajaran kontekstual (CTL) terhadap hasil belajar siswa pada materi pokok teori kinetik gas di Kelas XI Semester II SMA Negeri 11 Medan T.P 2014/2015.Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen dengan populasi seluruh siswa kelas kelas XI SMA Negeri 11 Medan yang berjumlah 7 kelas. Pengambilan sampel dilakukan dengan cara cluster random sampling dengan mengambil 2 kelas dari 7 kelas secara acak yaitu kelas XI-1 sebagai kelas eksperimen yang berjumlah 38 orang dan kelas XI-2 sebagai kelas kontrol yang berjumlah 34 orang. Instrumen yang digunakan untuk mengetahui hasil belajar siswa adalah tes hasil belajar dalam bentuk pilihan berganda dengan jumlah 15 soal dan aktivitas siswa dengan menggunakan lembar observasi.Dari hasil penelitian diperoleh nilai rata-rata pretes kelas eksperimen 32,98 dengan standar deviasi 9,03, dan nilai rata-rata kelas kontrol 32,55 dengan standar deviasi 9,10. Pada pengujian normalitas untuk pretes diperoleh Lhitung = 0,1419 dan Ltabel = 0,1437, untuk kelas kontrol dengan Lhitung = 0,1147 dan Ltabel = 0,1519 berdistribusi normal dengan Lhitung < Ltabel. Pada uji homogenitas Fhitung = 1,02 dan Ftabel = 1,57, menunjukkan Fhitung<Ftabel, maka kedua sampel berasal dari kelompok yang homogen. Setelah diperoleh bahwa data berdistribusi normal dan juga homogen maka dilakukan uji t dua pihak dan diperoleh data yaitu thitung<ttabel, ini berarti dapat disimpulkan bahwa kedua kelas memiliki kemampuan awal yang sama. Kemudian diberikan perlakuan yang berbeda, kelas eksperimen dengan strategi pembelajaran kontekstual (CTL) dan kelas kontrol dengan pembelajaran konvensional. Setelah pembelajaran selesai diberikan, diperoleh postes dengan hasil rata-rata kelas eksperimen 74,91 dengan standar deviasi 10,92 dan kelas kontrol 63,33 dengan standar deviasi 11,52. Rata-rata nilai keseluruhan aktivitas belajar siswa adalah 64,08 dan termasuk dalam kriteria cukup aktif. Dari hasil uji t satu pihak pada taraf signifikan α = 0,05 diperoleh thitung = 5,41 dan ttabel = 1,69 sehingga thitung>ttabel maka Ha diterima, dengan demikian terdapat pengaruh yang signifikan dari penerapan strategi pembelajaran kontekstual (CTL) terhadap hasil belajar siswa pada materi pokok teori kinetik gas di kelas XI semester II SMA Negeri 11 Medan T.P 2014/2015

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: SK-2015 FIS 093
Keywords: Debataraja
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika
Depositing User: Mrs Fitri Sry Juliati Sinaga
Date Deposited: 08 Apr 2016 08:34
Last Modified: 24 Aug 2016 06:05
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/12416

Actions (login required)

View Item
View Item