Sari, Devi Permata (2015) PENGARUH MODEL DISCOVERY LEARNING BERBANTUAN MEDIA PHET TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI POKOK FLUIDA STATIS DI KELAS X SEMESTER II SMA NEGERI 5 BINJAI T.P 2014/201523. Undergraduate thesis, UNIMED.
4111121006 COVER.pdf - Published Version
Download (110kB) | Preview
4111121006 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (160kB) | Preview
4111121006 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (227kB) | Preview
4111121006 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (107kB) | Preview
4111121006 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (113kB) | Preview
4111121006 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (106kB) | Preview
411121006 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (104kB) | Preview
4111121006 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (106kB) | Preview
4111121006 BAB I.pdf - Published Version
Download (205kB) | Preview
4111121006 BAB V.pdf - Published Version
Download (33kB) | Preview
4111121006 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (144kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model discovery learning berbantuan media PhET terhadap hasil belajar siswa pada materi fluida statis di kelas X semester II SMA Negeri 5 Binjai T.P. 2014/2015. Jenis penelitian ini adalah quasi eksperiment dengan desain control group pretest-posttest. Pengambilan sampel dilakukan dengan cara cluster random sampling dengan mengambil dua kelas dari enam kelas yaitu kelas X-1 sebagai kelas eksperimen yang berjumlah 38 orang dan kelas X-3 sebagai kelas kontrol yang berjumlah 37 orang. Instrumen yang digunakan berupa tes hasil belajar dalam aspek pengetahuan berbentuk pilihan berganda yang terdiri dari 20 soal yang sudah divalidasi dan lembar observasi untuk mengukur aktivitas, sikap dan keterampilan. Berdasarkan hasil penelitian di kelas eksperimen diperoleh rata-rata persentase perkembangan aktivitas, sikap dan keterampilan masing-masing dalam kategori baik sedangkan di kelas kontrol rata-rata persentase perkembangan sikap termasuk dalam kategori cukup baik. Berdasarkan hasil uji hipotesis menggunakan uji beda (uji-t) diperoleh ada pengaruh yang signifikan penerapan model learning berbantuan media PhET terhadap hasil belajar siswa pada materi fluida statis di kelas X semester II SMA Negeri 5 Binjai T.P. 2014/2015.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2015 FIS 067 |
Keywords: | Model Discovery Learning; Hasil Belajar; Aktivitas; PhET |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QC Physics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Mrs Fitri Sry Juliati Sinaga |
Date Deposited: | 08 Apr 2016 08:34 |
Last Modified: | 24 Aug 2016 05:27 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/12406 |