Hasibuan, Yuli Hannasari (2015) EFEK MODEL PEMBELAJARAN SCIENTIFIC INQUIRY TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI FLUIDA DINAMIS DI KELAS XI SMA N 21 MEDAN T.P 2014/2015. Undergraduate thesis, UNIMED.
4112121019 COVER.pdf - Published Version
Download (105kB) | Preview
4112121019 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (163kB) | Preview
4112121019 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (104kB) | Preview
4112121019 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (64kB) | Preview
4112121019 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (89kB) | Preview
4112121019 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (61kB) | Preview
4112121019 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (61kB) | Preview
4112121019 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (62kB) | Preview
4112121019 BAB I.pdf - Published Version
Download (274kB) | Preview
4112121019 BAB V.pdf - Published Version
Download (63kB) | Preview
4112121019 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (104kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar siswa menggunakan model pembelajaran scientific inquiry, mengetahui hasil belajar siswa menggunakan pembelajaran konvensional, dan mengetahui efek model pembelajaran scientific inquiry terhadap hasil belajar siswa.Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen dengan Pretest-Posttest Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPA dengan jumlah 4 kelas. Pengambilan sampel dilakukan dengan cara cluster random sampling dengan mengambil 2 kelas dari 4 kelas secara acak yaitu kelas XI IPA 3 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI IPA 2 sebagai kelas kontrol. Kelas eksperimen berjumlah 30 orang dan kelas kontrol berjumlah 30 orang. Instrumen yang digunakan untuk mengetahui hasil belajar siswa adalah tes hasil belajar dalam bentuk pilihan berganda sebanyak 20 soal dengan 5 option (a, b, c, d, dan e) yang telah divalidasi oleh validator.Hasil pengujian pretes sebelum diberikan perlakuan yang berbeda, yaitu nilai rata-rata pretes kelas eksperimen 29,67 dengan standar deviasi 11,09 dan nilai rata-rata pretes kelas kontrol 31,66 dengan standar deviasi 11,91. Pada pengujian data pretes kedua kelas diperoleh bahwa data kedua kelas berdistribusi normal dan homogen. Kemudian diberikan perlakuan yaitu kelas eksperimen dengan model pembelajaran scientific inquiry dan kelas kontrol dengan model pembelajaran konvensional. Setelah pembelajaran selesai diberikan, diperoleh postes dengan hasil rata-rata kelas eksperimen 70,00 dengan standar deviasi 8,09 dan kelas kontrol 58,83 dengan standar deviasi 9,34. Pada pengujian normalitas dan homogenitas data postes diperoleh bahwa data kedua kelas berdistribusi normal dan homogen.Dari hasil pengolahan data postes diperoleh bahwa ada efek yang signifikan model pembelajaran scientific inquiry pada materi Fluida Dinamis di Kelas XI SMA N 21 Medan T.P 2014/2015.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2015 FIS 108 |
Keywords: | Efek,Scientific Inquiry; Hasil Belajar; Fluida Dinamis |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education Q Science > QC Physics Q Science > QC Physics > QC310 Thermodynamics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Mrs Desy Sry Yani |
Date Deposited: | 08 Apr 2016 08:34 |
Last Modified: | 29 Aug 2016 07:15 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/12371 |