Kusumawati, Ari (2015) PENERAPAN METODE PRAKTIKUM UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA SUB MATERI POKOK VERTEBRATA DI KELAS X IPA MAN 1 MEDAN TAHUN PEMBELAJARAN 2014/2015. Undergraduate thesis, UNIMED.
4113141004 COVER.pdf - Published Version
Download (31kB) | Preview
4113141004 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (133kB) | Preview
4113141004 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (110kB) | Preview
4113141004 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (109kB) | Preview
4113141004 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (34kB) | Preview
4113141004 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (104kB) | Preview
4113141004 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (108kB) | Preview
4113141004 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (181kB) | Preview
4113141004 BAB I.pdf - Published Version
Download (153kB) | Preview
4113141004 BAB V.pdf - Published Version
Download (105kB) | Preview
4113141004 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (159kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa dan juga aktivitas keterampilan siswa pada pembelajaran biologi melalui penerapan metode praktikum pada sub materi pokok vertebrata di kelas X MAN 1 Medan Tahun Pembelajaran 2014/2015. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan selama dua siklus yaitu pada tanggal 23 April 2015 sampai 07 Mei 2015, dengan subjek penelitian kelas X IPA2 yang berjumlah 47 orang siswa. Penelitian dilakukan di MAN 1 Medan Tahun Pembelajaran 2014/2015. Tindakan yang dilakukan: (1) Siklus I: Pembelajaran dengan metode praktikum dengan pembagian LKS dengan diikuti diskusi kelompok dan presentasi, (2) Siklus II: Pembelajaran dengan metode praktikum dengan pembagian LKS sehari sebelum pembelajaran yang diikuti dengan diskusi dan presentasi. Parameter yang diamati adalah (1) Hasil belajar siswa dengan menggunakan tes pilihan berganda, (2) aktivitas keterampilan siswa dengan menggunakan lembar observasi siswa. Hasil penelitian menunjukkan hasil belajar siswa mengalami peningkatan dari siklus I ke siklus II. Pada siklus I nilai rata-rata yang diperoleh 73,78 (tidak tuntas) dan ketuntasan klasikal 57,45 %. Pada siklus II nilai rata-rata yang diperoleh meningkat menjadi 81,70 (tuntas) dan ketuntasan klasikal 87,23% dengan peningkatan sebesar 29,78%. Begitu juga dengan aktivitas keterampilan siswa mengalami peningkatan. Pada siklus I nilai rata-rata aktivitas siswa sebesar 79,12 (cukup aktif) dan pada siklus II meningkat menjadi 89,63 (aktif). Sehingga peningkatan yang terjadi dari siklus I ke siklus II sebesar 10,51. Dengan demikian pembelajaran pada sub materi pokok vertebrata dengan penerapan metode praktikum dikombinasikan dengan diskusi dan presentasi dapat meningkatkan aktivitas keterampilan dan hasil belajar siswa.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2015 BIO 019 |
Keywords: | Praktikum; Hasil Belajar |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education Q Science > QH Natural history > QH301 Biology |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Mrs Desy Sry Yani |
Date Deposited: | 08 Apr 2016 08:34 |
Last Modified: | 29 Aug 2016 06:56 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/12365 |