Sembiring, Inka Delyana (2015) PENERAPAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA PADA MATERI ARITMATIKA SOSIAL KELAS VII SMP NEGERI 2 BINJAI TAHUN AJARAN 2014/2015. Undergraduate thesis, UNIMED.
4103311025 COVER.pdf - Published Version
Download (53kB) | Preview
4103311025 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (117kB) | Preview
4103311025 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (117kB) | Preview
4103311025 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (52kB) | Preview
4103311025 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (291kB) | Preview
4103311025 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (47kB) | Preview
4103311025 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (47kB) | Preview
4103311025 DAFTAR DIAGRAM.pdf - Published Version
Download (47kB) | Preview
4103311025 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (49kB) | Preview
4103311025 BAB I.pdf - Published Version
Download (535kB) | Preview
4103311025 BAB V.pdf - Published Version
Download (50kB) | Preview
4103311025 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (116kB) | Preview
4103311025 RIWAYAT HIDUP.pdf - Published Version
Download (49kB) | Preview
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana strategi penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Student teams achievement division (STAD) dalam meningkatkan aktivitas belajar siswa setelah diterapkan model pembelajaran kooperatif tipe Student teams achievement division pada materi aritmatika sosial di kelas VII-1 SMP Negeri 2 Binjai T.A 2014/2015.
Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam 2 siklus yang masing – masing dilaksanakan dalam 2 kali pertemuan. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII-1 SMP Negeri 2 Binjai T.A 2014/2015 yang terdiri dari 36 orang siswa dan objek dalam penelitin ini adalah aktivitas belajar siswa pada materi aritmatika sosial dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Student teams achievement division. Instrument penelitian yang digunakan adalah observasi dan tes.
Dari hasil analisis data diperoleh peningkatan hasil belajar siswa dari siklus I ke siklus II dengan banyak siswa yang mengalami peningkatan hasil belajar dari siklus I ke siklus II adalah 31 siswa dari 36 siswa atau 86,11%, Peningkatan aktivitas belajar siswa sebesar 30,56% dari 52,77% di siklus I menjadi 83,33% di siklus II dimana pada siklus I, jumlah siswa yang aktivitas belajarnya dalam kategori aktif ada sebanyak 19 orang sedangkan pada siklus II, jumlah siswa yang aktivitas belajarnya dalam kategori aktif ada sebanyak 30 orang. Peningatan ketuntasan hasil belajar siswa juga mengalami peningkatan, dapat dilihat dari adanya peningkatan persentase ketuntasan klasikal sebesar 14,67% dari 69,44% di siklus I menjadi 86,11% di siklus II dan peningkatan nilai rata-rata kelas sebesar 0,97 dari 6,44 di siklus I menjadi 7,41 di siklus II.
Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Student teams achievement division dapat meningkatkan aktivitas siswa pada materi aritmatika sosial di kelas VII-1 SMP Negeri 2 Binjai T.A 2014/2015.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 513.207 1 Sem p |
Keywords: | aktivitas belajar; hasil belajar; model pembelajaran; STAD; aritmatika sosial |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mrs Desy Sry Yani |
Date Deposited: | 08 Apr 2016 08:34 |
Last Modified: | 29 Aug 2016 05:41 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/12344 |