Siregar, Ilham Rahmansyah (2015) ANALISIS KESULITAN BELAJAR SISWA PADA MATERI METABOLISME KELAS XII IPA SMA NEGERI 11 MEDAN TAHUN PEMBELAJARAN 2014/2015. Undergraduate thesis, UNIMED.
4102141008 COVER.pdf - Published Version
Download (71kB) | Preview
4102141008 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (212kB) | Preview
4102141008 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (137kB) | Preview
4102141008 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (94kB) | Preview
4102141008 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (94kB) | Preview
4102141008 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (49kB) | Preview
4102141008 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (48kB) | Preview
4102141008 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (51kB) | Preview
4102141008 BAB I.pdf - Published Version
Download (296kB) | Preview
4102141008 BAB V.pdf - Published Version
Download (170kB) | Preview
4102141008 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (170kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kesulitan belajar siswa pada materi Metabolisme di kelas XII dari aspek kognitif, indikator pembelajaran, dan faktor penyebab kesulitan belajar siswa kelas XII SMA Negeri 11 Medan Tahun pembelajaran 2014/2015. Desain penelititan yang digunakan adalah deskriptif-kuantitatif. Populasi dalam penelitian adalah siswa Kelas XII IPA. Sampel diambil secara purposive sampling yaitu kelas XII IPA3 dengan jumlah siswa 29 orang di SMA Negeri 11 Medan. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes hasil belajar siswa pada materi Metabolisme dan Angket Kesulitan Belajar Siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa persentase kesulitan belajar siswa pada aspek kognitif tingkat pengetahuan (C1) 79,81% dengan kategori kesulitan sangat tinggi, tingkat pemahaman (C2) 40,96% dengan kategori kesulitan sedang, tingkat penerapan (C3) 56,9% dengan kategori kesulitan tinggi, tingkat analisis (C4) 60,01% dengan kategori kesulitan sangat tinggi, tingkat evaluasi (C5) 50,87% dengan kategori kesulitan tiggi, tingkat kreasi (C6) 67,5% dengan tingkat kategori kesulitan sangat tinggi. Persentase kesulitan siswa berdasarkan indikator pada materi metabolisme: indikator (1) 52,31%, (2) 74,15%, (3) 85,23%, (4) 62,06%, (5) 45,7%, (6) 39,23%, (7), 56,66%, dengan kategori kesulitan sangat tinggi. Faktor penyebab kesulitan belajar siswa yang paling dominan yaitu faktor internal (kesehata,minat dan motivasi), sedangkan faktor eksternal (metode, materi,sekolah,keluarga dan pergaulan) menjadi faktor pendukung kesulitan belajar siswa.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 574.133 071 2 Sir a |
Keywords: | kesulitan belajar; metabolisme; belajar; hasil belajar; kecerdasan emosi |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education Q Science > QH Natural history > QH301 Biology |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Mrs Desy Sry Yani |
Date Deposited: | 08 Apr 2016 08:34 |
Last Modified: | 29 Aug 2016 04:55 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/12334 |