Dongoran, Domika Pariani (2015) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH MENGGUNAKAN LKS TERSTRUKTUR TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI POKOK HUKUM NEWTON SMA N 1PERCUT SEI TUAN T.P 2014/2015. Undergraduate thesis, UNIMED.
4103121016 COVER.pdf - Published Version
Download (78kB) | Preview
4103121016 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (2MB) | Preview
4103121016 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (140kB) | Preview
4103121016 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (127kB) | Preview
4103121016 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (156kB) | Preview
4103121016 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (109kB) | Preview
4103121016 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (93kB) | Preview
4103121016 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (96kB) | Preview
4103121016 BAB I.pdf - Published Version
Download (401kB) | Preview
4103121016 BAB V.pdf - Published Version
Download (95kB) | Preview
4103121016 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (97kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaranberbasis masalah menggunakan LKS terstruktur terhadap hasil belajar pada materipokok hukum newton di kelas X semester I SMA N 1 Percut Sei Tuan T.P.2014/2015. Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen. Populasi dalampenelitian adalah seluruh siswa kelas X Semester I SMA N 1 Percut Sei Tuanyang terdiri dari 5 kelas. Pengambilan sampel dilakukan dengan cara clusterrandom sampling dengan mengambil 2 kelas dari 5 kelas secara acak yaitu kelasX IPA 3 sebagai kelas eksperimen berjumlah 34 orang dan kelas X IPA 1 sebagaikeelas kontrol berjumlah 35 orang. Instrumen yang digunakan untuk mengetahuihasil belajar siswa adalah tes hasil belajar dalam bentuk pilihan berganda denganjumlah 20 soal.Hasil pengujian pretes sebelum diberikan perlakuan yang berbeda, yaitunilai rata-rata pretes kelas eksperimen 37,65 dengan standar deviasi 10,82 dannilai rata-rata pretes kelas kontrol 38,86 dengan standar deviasi 9,63. Hasil uji tdua pihak data kedua kelas berdistribusi normal dan homogen. Selama prosespembelajaran, nilai rata-rata afektif adalah 72,35 dengan kategori nilai B, dan nilairata-rata psikomotorik adalah 77,63 dengan kategori nilai B. Setelah pembelajaranselesai diberikan, diperoleh postes dengan hasil rata-rata kelas eksperimen 65,29dengan standar deviasi 8,79 dan kelas kontrol 57,14 dengan standar deviasi 10,09.Dari hasil pengolahan data postes diperoleh bahwa thitung = 3,57 dan ttabel =1,67, sehingga thitung > ttabel (3,57 > 1,67) maka H diterima yakni adaperbedaan hasil belajar siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran berbasismasalah menggunakan LKS terstruktur dan kelas kontrol dengan pembelajarankonvensional materi pokok hukum newton di kelas X semester I SMA N 1 PercutSei Tuan T.P. 2014/2015.Kesimpulan dari penelitian ini bahwa model pembelajaran berbasismasalah lebih baik dari pada pembelajaran konvensional. Diharapkan untukpeneliti selanjutnya menggunakan model pembelajaran berbasis masalah denganmetode pembelajaran yang lebih menarik.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 531.607 12 Don p |
Keywords: | model pembelajaran berbasis masalah; hasil belajar; pembelajaran konvensional; hukum newton |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education Q Science > QC Physics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Mrs Desy Sry Yani |
Date Deposited: | 08 Apr 2016 08:34 |
Last Modified: | 29 Aug 2016 04:28 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/12329 |