Pratiwi, Indah (2015) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGATION (GI) MENGGUNAKAN MEDIA PETA KONSEP TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI POKOK BESARAN FISIKA DAN SATUANNYA DI KELAS X SEMESTER I SMA NEGERI 1 LIMA PULUH BATUBARA T.A 2014/201. Undergraduate thesis, UNIMED.
4103121032 COVER.pdf - Published Version
Download (68kB) | Preview
4103121032 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (352kB) | Preview
4103121032 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (135kB) | Preview
4103121032 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (204kB) | Preview
4103121032 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (250kB) | Preview
4103121032 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (203kB) | Preview
4103121032 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (201kB) | Preview
4103121032 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (202kB) | Preview
4103121032 BAB I.pdf - Published Version
Download (407kB) | Preview
4103121032 BAB V.pdf - Published Version
Download (91kB) | Preview
4103121032 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (172kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah hasil belajar siswa pada materi pokok besaran fisika dan satuannya dengan model pembelajaran kooperatif tipe GI lebih baik daripada pembelajaran konvensional.Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen. Populasi dalam penelitian adalah seluruh siswa kelas X Semester I SMA NEGERI 1 Lima Puluh Batubara yang terdiri dari 6 kelas. Pengambilan sampel dilakukan dengan cara cluster random sampling dengan mengambil 2 kelas dari 6 kelas secara acak yaitu kelas X IPA 1 sebagai kelas eksperimen yang berjumlah 33 orang dan kelas X IPA 2 sebagai kelas kontrol yang berjumlah 33 orang. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes hasil belajar, lembar penilaian keterampilan dan lembar penilaian sikap siswa. Tes hasil belajar dalam bentuk pilihan berganda sebanyak 20 soal dengan 5 option yang telah dinyatakan valid. Pengujian hipotesis dengan uji t satu pihak, sedangkan lembar penilaian keterampilan dan lembar penilaian sikap dianalisis secara deskriptif.Berdasarkan analisa data diperoleh peningkatan hasil belajar siswa pada setiap pertemuan pertama, kedua dan ketiga untuk kelas eksperimen yang menggunakan model pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation menggunakan media peta konsep. Dengan demikian, hasil belajar siswa pada materi pokok besaran fisika dan satuannya dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe GI menggunakan media peta konsep lebih baik daripada pembelajaran konvensional
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 531.140 712 Pra p |
Keywords: | hasil belajar; model pembelajaran kooperatif tipe group investigation (gi); peta konsep. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education Q Science > QC Physics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Mrs Desy Sry Yani |
Date Deposited: | 08 Apr 2016 08:34 |
Last Modified: | 29 Aug 2016 04:18 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/12326 |