Rajagukguk, Michael Haratua (2015) PERBANDINGAN HASIL BELAJAR SISWA YANG DIAJAR DENGAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD DENGAN NHT PADA MATERI POKOK VIRUS DI KELAS X SMA NEGERI 3 PEMATANGSIANTAR TAHUN PEMBELAJARAN 2014/2015. Undergraduate thesis, UNIMED.
4103141046 COVER.pdf - Published Version
Download (78kB) | Preview
4103141046 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (266kB) | Preview
4103141046 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (223kB) | Preview
4103141046 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (178kB) | Preview
4103141046 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (174kB) | Preview
4103141046 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (128kB) | Preview
4103141046 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (127kB) | Preview
4103141046 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (204kB) | Preview
4103141046 BAB I.pdf - Published Version
Download (276kB) | Preview
4103141046 BAB V.pdf - Published Version
Download (50kB) | Preview
4103141046 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (91kB) | Preview
4103141046 RIWAYAT HIDUP.pdf - Published Version
Download (127kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbandingan hasil belajar siswa yang diajar dengan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dengan NHT pada materi pokok virus di kelas X SMA Negeri 3 Pematangsiantar tahun pembelajaran 2014/2015. Populasi dalam penelitian adalah seluruh siswa kelas X SMA Negeri 3 Pematangsiantar sedangkan sampel yang diambil sebanyak dua kelas yaitu kelas X-1 dan kelas X-3 yang diambil secara random dimana kelas X-1 diajar dengan NHT sedangkan kelas X-3 diajar dengan STAD. Jenis penelitian ini adalah penelitian quasi eksperimen. Instrumen yang digunakan pada penelitian adalah tes objektif 25 soal dari 40 soal yang telah diuji validitasnya. Data penelitian ada data kuantitatif (hasil belajar). Untuk data hasil belajar diawali dengan uji normalitas dan homogenitas. Dengan data yang sudah telah berdistribusi normal dan homogen maka dilakukan uji statistik dengan uji t pada taraf signifikan α = 0,05. Rata-rata hasil belajar kelas NHT adalah 80,11 sedangkan kelas STAD adalah 75,47. Peningkatan hasil belajar kelas NHT sebesar 41,90 satuan sedangkan kelas STAD sebesar 36,00 satuan. Jadi, perbedaan peningkatan hasil belajar kedua kelas sebesar 5,90 satuan. Dari hasil uji t(1-1/2 α) diperoleh thitung > ttabel (2,12 > 2,00) yang berarti Ho ditolak sekaligus menerima Ha yang berarti ada perbandingan hasil belajar siswa yang diajar dengan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dengan NHT pada materi pokok virus di kelas X SMA Negeri 3 Pematangsiantar tahun pembelajaran 2014/2015.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 579.207 12 Raj p |
Keywords: | hasil belajar; pembelajaran kooperatif; STAD; NHT; virus; struktur virus; peran virus dalam kehidupan |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education Q Science > QH Natural history > QH301 Biology |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Mrs Desy Sry Yani |
Date Deposited: | 08 Apr 2016 08:34 |
Last Modified: | 29 Aug 2016 03:16 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/12312 |