Zulfika, Ivana (2015) ANALISIS KESULITAN BELAJAR SISWA PADA MATERI INVERTEBRATA DI KELAS X SMA NEGERI 1 HAMPARAN PERAK TAHUN PEMBELAJARAN 2014/2015. Undergraduate thesis, UNIMED.
4113141039 COVER.pdf - Published Version
Download (69kB) | Preview
4113141039 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (226kB) | Preview
4113141039 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (242kB) | Preview
4113141039 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (172kB) | Preview
4113141039 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (14kB) | Preview
4113141039 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (6kB) | Preview
4113141039 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (6kB) | Preview
4113141039 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (86kB) | Preview
4113141039 BAB I.pdf - Published Version
Download (367kB) | Preview
4113141039 BAB V.pdf - Published Version
Download (133kB) | Preview
4113141039 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (16kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kesulitan belajar siswa pada materi invertebrata di kelas X dari aspek kognitif, indikator pembelajaran dan faktor penyebab kesulitan belajar siswa di kelas X SMA Negeri 1 Hamparan Perak Tahun Pembelajaran 2014/2015. Desain penelitian yang digunakan yaitu deskriptif kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X yang berjumlah 190 orang. Sampel diambil secara acak yaitu kelas X3 dengan jumlah siswa 38 orang di SMA Negeri 1 Hamparan Perak. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes hasil belajar siswa pada materi invertebrata dan angket kesulitan belajar siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa persentase kesulitan belajar siswa pada aspek kognitif tingkat pengetahuan (C1) 35,09% dengan kategori kesulitan sedang, tingkat pemahaman (C2) 36,85% dengan kategori kesulitan sedang, tingkat penerapan (C3) 32,90% dengan kategori kesulitan sedang, tingkat analisis (C4) 47,37% dengan kategori kesulitan tinggi, tingkat evaluasi (C5) 57,24% dengan kategori kesulitan sangat tinggi dan tingkat kreasi (C6) 70,18% dengan kategori kesulitan sangat tinggi. Persentase kesulitan belajar siswa berdasarkan indikator pada materi invertebrata indikator (1) 34,22% dengan kategori kesulitan sedang, indikator (2) 53,92% dengan kategori kesulitan sangat tinggi, indikator (3) 35,53% dengan kategori kesulitan tinggi, indikator (4) 35,53% dengan kategori kesulitan tinggi, indikator (5) 56,58% dengan kategori kesulitan sangat tinggi, dan indikator (6) 53,69% dengan kategori kesulitan sangat tinggi. Faktor penyebab kesulitan belajar siswa yang paling dominan adalah inteligensi, minat, motivasi, psikiatik, keluarga, sekolah dan materi pelajaran, sedangkan faktor lainnya seperti kesehatan, guru, media dan metode, kurang mendukung dalam menyebabkan kesulitan belajar.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2015 BIO 010 |
Keywords: | kesulitan belajar; invertebrata; aspek kognitif; faktor kesulitan belajar |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) Q Science > QH Natural history > QH301 Biology |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Mrs Desy Sry Yani |
Date Deposited: | 08 Apr 2016 08:34 |
Last Modified: | 29 Aug 2016 02:38 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/12305 |