Sihombing, Gressy D (2015) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI POKOK SUHU DAN KALOR DI KELAS X SEMESTER II SMA NEGERI 15 MEDAN T.P 2014/2015. Undergraduate thesis, UNIMED.
4113121022 COVER.pdf - Published Version
Download (118kB) | Preview
4113121022 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (169kB) | Preview
4113121022 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (77kB) | Preview
4113121022 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (74kB) | Preview
4113121022 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (109kB) | Preview
4113121022 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (104kB) | Preview
4113121022 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (103kB) | Preview
4113121022 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (105kB) | Preview
4113121022 BAB I.pdf - Published Version
Download (221kB) | Preview
4113121022 BAB V.pdf - Published Version
Download (105kB) | Preview
4113121022 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (145kB) | Preview
4113121022 RIWAYAT HIDUP.pdf - Published Version
Download (27kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar siswa dan bagaimana aktivitas siswa selama menggunakan model pembelajaran inkuiri terbimbing pada materi pokok Suhu dan Kalor di kelas X Semester II SMA Negeri 15 Medan Tahun Pelajaran 2014/2015Jenis penelitian ini adalah penelitian quasi eksperimen dengan menggunakan design Two group pretest-posttest design dengan populasi seluruh siswa kelas X semester II SMA Negeri 15 Medan yang terdiri dari 10 kelas dengan sampel penelitian diambil 2 kelas yang ditentukan dengan teknik cluster random sampling, yaitu kelas X-10 sebagai kelas eksperimen dengan menggunakan model pembelajaran inkuiri terbimbing dengan jumlah siswa 35 orang dan kelas X-9 sebagai kelas kontrol dengan menggunakan model pembelajaran konvensional dengan jumlah siswa 35 orang. Instrumen yang digunakan adalah tes hasil belajar siswa dalam bentuk essay sebanyak 8 soal yang telah divalidasi.Nilai rata-rata pretest kelas eksperimen adalah 7,24 dan nilai rata-rata pretest kelas kontrol adalah 6,92 kemudian dilakukan uji normalitas dan homogenitas, sehingga dari hasil tersebut disimpulkan bahwa data berdistribusi normal dan homogen, dengan demikian telah terpenuhi persayaratan untuk melakukan uji t dua pihak. Uji t menunjukkan -ttabel < thitung < ttabel (-1,99 < 0,34<1,99) dimana Ho diterima, yang berarti kelas eksperimen dan kelas kontrol memiliki kemampuan awal yang sama. Kelas eksperimen diberi perlakuan dengan menggunakan model pembelajaran inkuiri terbimbing, sedangkan kelas kontrol diberi perlakuan model konvensional, kemudian dilakukan posttest dan diperoleh nilai rata-rata pada kelas eksperimen 47,56 dan nilai rata-rata posttest kelas kontrol adalah 41,95 kemudian dilakukan uji normalitas dan homogenitas, sehingga hasil tersebut disimpulkan bahwa data berdistribusi normal dan homogen. Hasil pengujian hipotesis diperoleh thitung > ttabel yaitu 2,37 > 1,67 pada taraf signifikansi α = 0,05 dan dk = 68, dengan demikian Ha diterima, yang berarti ada perbedaan akibat pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap hasil belajar siswa pada materi pokok suhu dan kalor di kelas X semester II SMA Negeri 15 Medan T.P 2014/2015. Pada kelas eksperimen diperoleh rata-rata aktivitas siswa dari pertemuan I s/d III sebesar 70,10 dengan kategori cukup aktif.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2015 FIS 037 |
Keywords: | Inkuiri Terbimbing, Hasil Belajar, Aktivitas |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education Q Science > QC Physics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Mrs Desy Sry Yani |
Date Deposited: | 08 Apr 2016 08:34 |
Last Modified: | 25 Aug 2016 09:11 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/12287 |