Sriadhi (2014) PENGARUH PEMBELAJARAN BERBASIS MULTIMEDIA DAN PETA KONSEP TERHADAP KOMPETENSI MAHASISWA DALAM PROTEKSI SISTEM TENAGA LISTRIK. Jurnal Pendidikan Teknologi dan Kejuruan, 16 (02). pp. 113-123. ISSN 0854-7468
Full Text, Cover.pdf - Published Version
Download (752kB) | Preview
Reviewer.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
Abstract
Studi ini mengungkap pengaruh model pembelajaran terhadap kompetensi mahasiswa dalam mata kuliah Proteksi Sistem Tenaga Listrik. Kelompok eksperimen pembelajaran berbasis multimedia dengan sampel 38 orang dan pembelajaran strategi peta konsep 36 orang. Analisis data menggunakan statistik komparasi dua meanpada taraf α = 5 %. Hasil penelitian menemukan bahwa pembelajaran berbasis multimedia meningkatkan capaian kompetensi (A) sebesar 34,2% ; kegagalan 0% dan indeks nilai 3,48. Pembelajaran strategi peta konsep meningkatkan capaian kompetensi (A) sebesar 27,8%; kegagalan 5,6% dan indeks nilai 3,11. Kedua model pembelajaran berbeda secara signifikan dalam capaian hasil belajar dan pembelajaran berbasis multimedia terbukti lebih efektif dibandingkan strategi peta konsep pada taraf signifikansi α = 5%. Untuk selanjutnya perlu dilakukan penelitian dengan menyertakan gaya belajar mahasiswa sebagai variabel moderator sehingga akan diketahui interaksinya dengan model pembelajaran dalam upaya meningkatkan kapabilitas hasil belajar mahasiswa.
Item Type: | Article |
---|---|
Keywords: | Multimedia; Peta Konsep; Kompetensi; Proteksi Tenaga Listrik |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Elektro |
Depositing User: | Mr Renaldi Syafaruddin Akbar |
Date Deposited: | 14 Apr 2016 10:26 |
Last Modified: | 10 Jul 2017 08:40 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/1228 |