Gultom, Lisnawaty (2015) PERBANDINGAN HASIL BELAJAR DAN AKTIVITAS SISWA DENGAN PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH DAN MODEL PEMBELAJARAN LANGSUNG DISERTAI METODE PRAKTIKUM PADA PEMBELAJARAN KELARUTAN DAN HASIL KALI KELARUTAN. Undergraduate thesis, UNIMED.
4113331028 COVER.pdf - Published Version
Download (32kB) | Preview
4113331028 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (361kB) | Preview
4113331028 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (154kB) | Preview
4113331028 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (108kB) | Preview
4113331028 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (190kB) | Preview
4113331028 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (104kB) | Preview
4113331028 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (103kB) | Preview
4113331028 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (109kB) | Preview
4113331028 BAB I.pdf - Published Version
Download (164kB) | Preview
4113331028 BAB V.pdf - Published Version
Download (145kB) | Preview
4113331028 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (113kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui perbandingan hasil belajar kimia dan aktivitas siswa dengan penerapan model pembelajaran berbasis masalah dan model pembelajaran langsung disertai metode praktikum pada pembelajaran kelarutan dan hasil kali kelarutan SMA kelas XI tahun ajaran 2014/2015. Populasi dalam penelitian ini adalah adalah seluruh siswa kelas XI SMA Medan Tahun Ajaran 2014/2015. Sampel dalam penelitian ini diambil secara purposive sampling yaitu 2 kelas XI IPA SMA Raksana Medan. Kelas eksperimen 1 yaitu kelas XI IPA 1 diberi perlakuan pembelajaran menggunakan model pembelajaran berbasis masalah dengan metode praktikum, sedangkan pada kelas XI IPA 2 sebagai kelas eksperimen 2 diberi pengajaran dengan model pembelajaran langsung dengan menggunakan metode praktikum. Sebagai alat pengumpul data hasil belajar digunakan tes objektif yang berjumlah 20 soal yang telah teruji validitas, reliabilitas, tingkat kesukaran, dan daya beda soal. Hasil belajar kedua kelas eksperimen diuji dengan uji t dua pihak dan diperoleh thitung > ttabel (2,660 > 1,669). Maka Ha diterima sehingga dapat disimpulkan hasil belajar kimia dengan model pembelajaran berbasis masalah dan metode praktikum lebih tinggi dari pada model pembelajaran langsung dengan metode praktikum. Persentase gain peningkatan hasil belajar kimia siswa kelas eksperimen I sebesar 74% sedangkan untuk kelas eksperimen II sebesar 68%. Selisih hasil belajar antara kelas eksperimen 1 dan eksperimen 2 sebesar 6 %.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2015 KIM 025 |
Keywords: | Hasil Belajar;Pembelajaran Berbasis Masalah; Metode Praktikum; Hasil Kelarutan |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education Q Science > QD Chemistry |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia |
Depositing User: | Mrs Desy Sry Yani |
Date Deposited: | 08 Apr 2016 08:34 |
Last Modified: | 25 Aug 2016 03:45 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/12268 |