Siagian, Rhodo Mauritz E. (2015) PENGARUH TEKNIK PEMBELAJARAN PETA PIKIRAN (MIND MAP) BERBASIS PROBLEM SOLVING TERHADAP HASIL BELAJAR PADA MATERI POKOK FLUIDA DINAMIS DI KELAS XI SEMESTER II SMA NEGERI 11 MEDAN T.P. 2014/2015. Undergraduate thesis, UNIMED.
4111521003 COVER.pdf - Published Version
Download (110kB) | Preview
4111521003 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (291kB) | Preview
4111521003 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (151kB) | Preview
4111521003 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (120kB) | Preview
4111521003 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (107kB) | Preview
4111521003 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (104kB) | Preview
4111521003 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (104kB) | Preview
4111521003 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (104kB) | Preview
4111521003 BAB I.pdf - Published Version
Download (131kB) | Preview
4111521003 BAB V.pdf - Published Version
Download (39kB) | Preview
4111521003 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (109kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh yang signifikan teknik pembelajaran peta pikiran (mind map) berbasis problem solving terhadap hasil belajar siswa pada materi pokok Fluida Dinamis di kelas XI SMA Negeri 11 Medan T.P. 2014/2015.Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen. Populasi dalam penelitian adalah seluruh siswa kelas XI yang terdiri dari tujuh kelas paralel sebanyak 245 orang. Dengan teknik cluster random sampling terpilih kelas XI IA-1 sebagai kelas kontrol yang berjumlah 31 orang dan XI IA-2 sebagai kelas eksperimen yang berjumlah 31 orang. Instrumen yang digunakan berupa tes soal pilihan berganda sebanyak 20 soal yang telah dilakukan uji persyaratan tes untuk mengukur hasil belajar.Hasil penelitian menunjukkan rata-rata nilai pretes kelas eksperimen 40,48 dan kelas kontrol 42,58. Pada pengujian normalitas dan homogenitas kedua kelas diperoleh bahwa data kedua kelas berdistribusi normal dan homogen. Dari hasil uji beda nilai kedua kelas untuk pretes diperoleh thitung = 0,71 dan ttabel = 2,0 karena thitung < ttabel , maka dapat dinyatakan bahwa kemampuan awal siswa kedua kelas sampel sama. Kemudian diberi perlakuan yaitu kelas eksperimen dengan teknik pembelajaran peta pikiran (mind map) berbasis problem solving dan kelas kontrol dengan pembelajaran langsung. Setelah pembelajaran selesai diberikan, dilakukan postes dengan hasil nilai rata-rata kelas eksperimen 75,16 dan kelas kontrol 66,13. Pada pengujian normalitas dan homogenitas diperoleh bahwa data postes berdistribusi normal dan variansnya homogen. Dari hasil uji beda nilai kedua kelas diperoleh thitung = 3,20 dan ttabel = 1,67 untuk � = 0,05 dan dk = 60. Karena thitung > ttabel maka Ha diterima yang berarti bahwa ada pengaruh yang signifikan penerapan teknik pembelajaran peta pikiran (mind map) berbasis problem solving terhadap hasil belajar siswa pada materi pokok Fluida Dinamis di kelas XI SMA Negeri 11 Medan T.P. 2014/2015.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2015 FIS 008 |
Keywords: | Peta Pikiran; Problem Solving |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education Q Science > QC Physics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Mrs Desy Sry Yani |
Date Deposited: | 08 Apr 2016 08:34 |
Last Modified: | 25 Aug 2016 03:39 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/12266 |