Maysarah, Siti (2015) PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI POKOK SUHU DAN KALOR DI KELAS X SEMESTER II SMA NEGERI 1 PERCUT SEI TUAN T.P. 2014/2015. Undergraduate thesis, UNIMED.
4111521004 COVER.pdf - Published Version
Download (67kB) | Preview
4111521004 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (223kB) | Preview
4111521004 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (162kB) | Preview
4111521004 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (122kB) | Preview
4111521004 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (92kB) | Preview
4111521004 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (50kB) | Preview
4111521004 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (48kB) | Preview
4111521004 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (117kB) | Preview
4111521004 BAB I .pdf - Published Version
Download (506kB) | Preview
4111521004 BAB V.pdf - Published Version
Download (169kB) | Preview
4111521004 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (169kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model problem based learning terhadap hasil belajar siswa pada materi pokok suhu dan kalor di kelas X SMA Negeri 1 Percut Sei Tuan T.P 2014/2015.Jenis penelitian ini adalah quasi eksperiment. Populasi dalam penelitian adalah seluruh siswa kelas X MIA SMA Negeri 1 Percut Sei Tuan T.P 2014/2015 yang terdiri dari 5 kelas. Pengambilan sampel dilakukan dengan cara cluster random sampling dengan mengambil 2 kelas yaitu kelas X-MIA 1 sebagai kelas eksperimen yang berjumlah 32 orang dan kelas X-MIA 5 sebagai kelas kontrol yang berjumlah 34 orang. Instrumen yang digunakan untuk mengetahui hasil belajar siswa adalah tes hasil belajar yang berbentuk essay test dengan jumlah 10 soal. Dari hasil penelitian diperoleh nilai rata-rata pretes kelas eksperimen 34,71 dengan simpangan baku 10,94 dan nilai rata-rata kelas kontrol 33,06 dengan simpangan baku 11,66. Pada pengujian normalitas untuk pretes pada kelas eksperimen diperoleh Lhitung = 0,1017 dan Ltabel = 0,1566, untuk kelas kontrol dengan Lhitung = 0,1305 dan Ltabel = 0,1566 , karena Lhitung < Ltabel, maka data kedua kelas berdistribusi normal. Pada uji homogenitas diperoleh Fhitung = 1,13 dan Ftabel = 2,44 karena Fhitung < Ftabel , maka kedua sampel berasal dari kelompok yang homogen. Dari hasil uji beda nilai kedua kelas pada taraf signifikan α = 0,05 diperoleh thitung = 0,625 dan ttabel = 1,99 , karena thitung < ttabel maka Ho diterima, maka hal ini menunjukkan tidak terdapat perbedaan yang signifikan nilai pretes kedua kelas, artinya kedua kelas memiliki kemampuan awal yang sama. Dari hasil pengamatan yang dilakukan oleh observer diperoleh rata-rata aktivitas siswa pada pertemuan I sebesar 56,42% , pertemuan ke II sebesar 70,31% dan pada pertemuan ketiga 80,38%. Kemudian diberikan perlakuan yang berbeda, kelas eksperimen dengan model problem based learning dan kelas kontrol dengan model konvensional. Setelah pembelajaran selesai diberikan, diperoleh postes dengan hasil rata-rata kelas eksperimen 76,53 dengan simpangan baku 12,99 dan kelas kontrol 69,7 dengan simpangan baku 10,68. Dan berdasarkan hasil uji t diperoleh thitung = 2,36 dan ttabel = 1,67, karena thitung > ttabel maka Ha diterima, dengan demikian hal ini menunjukkan bahwa ada pengaruh model problem based learning terhadap hasil belajar siswa pada materi pokok suhu dan kalor di kelas X semester II SMA Negeri 1 Percut Sei Tuan T.P 2014/2015.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2015 FIS 009 |
Keywords: | Problem Based Learning; Materi Pokok Suhu Dan Kalor |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education Q Science > QC Physics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Mrs Desy Sry Yani |
Date Deposited: | 08 Apr 2016 08:34 |
Last Modified: | 25 Aug 2016 03:59 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/12265 |