Hasibuan, Henny Rukmana Sari (2015) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI POKOK LISTRIK DINAMIS KELAS X SEMESTER II SMA NEGERI 11 MEDAN T.P 2014/2015. Undergraduate thesis, UNIMED.
4113121024 COVER.pdf - Published Version
Download (31kB) | Preview
4113121024 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (185kB) | Preview
4113121024 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (108kB) | Preview
4113121024 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (155kB) | Preview
4113121024 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (189kB) | Preview
4113121024 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (104kB) | Preview
4113121024 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (104kB) | Preview
4113121024 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (182kB) | Preview
4113121024 BAB I.pdf - Published Version
Download (159kB) | Preview
4113121024 BAB V.pdf - Published Version
Download (121kB) | Preview
4113121024 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (185kB) | Preview
4113121024 RIWAYAT HIDUP.pdf - Published Version
Download (42kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran discovery learning terhadap hasil belajar siswa kelas X Semester II pada materi pokok Listrik Dinamis. Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen. Populasi dalam penelitian adalah seluruh siswa kelas X yang terdiri dari 8 kelas. Pengambilan sampel dilakukan dengan cara cluster random sampling dengan mengambil 2 kelas secara acak yaitu kelas X-5 sebagai kelas eksperimen dan kelas X-6 sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan untuk mengetahui hasil belajar siswa adalah tes hasil belajar yang telah divalidasi dalam bentuk pilihan berganda.Dari hasil penelitian diperoleh nilai rata-rata pretes kelas eksperimen 33,06 dan kelas kontrol 32,78. Kemudian diberikan perlakuan yang berbeda, kelas eksperimen dengan model pembelajaran discovery learning dan kelas kontrol dengan model pembelajaran konvensional. Setelah pembelajaran selesai diberikan, diperoleh postes dengan nilai rata-rata kelas eksperimen 75,69 dan kelas kontrol 69,86. Hasil uji t satu pihak dengan taraf signifikasi 0,05 diperoleh thitung = 2,19 dan ttabel = 1,67, sehingga thitung > ttabel maka Ha diterima, dengan demikian diperoleh ada perbedaan akibat pengaruh model pembelajaran Discovery Learning terhadap hasil belajar siswa pada materi pokok Listrik Dinamis di kelas X.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2015 FIS 022 |
Keywords: | Model Pembelajaran Discovery Learning; Hasil Belajar Siswa |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education Q Science > QC Physics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Mrs Desy Sry Yani |
Date Deposited: | 08 Apr 2016 08:34 |
Last Modified: | 25 Aug 2016 02:51 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/12252 |