PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGATION (GI) BERBANTU PETA KONSEP TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI POKOK KALOR DI KELAS X SEMESTER II SMA MUHAMMADIYAH 8 KISARAN T.A 2014/2015

Rahmi, Suci Widya (2015) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGATION (GI) BERBANTU PETA KONSEP TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI POKOK KALOR DI KELAS X SEMESTER II SMA MUHAMMADIYAH 8 KISARAN T.A 2014/2015. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 4114121001 COVER.pdf]
Preview
Text
4114121001 COVER.pdf - Published Version

Download (85kB) | Preview
[thumbnail of 4114121001 LEMBAR PENGESAHAN.pdf]
Preview
Text
4114121001 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (401kB) | Preview
[thumbnail of 4114121001 KATA PENGANTAR.pdf]
Preview
Text
4114121001 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (158kB) | Preview
[thumbnail of 4114121001 ABSTRAK.pdf]
Preview
Text
4114121001 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (130kB) | Preview
[thumbnail of 4114121001 DAFTAR ISI.pdf]
Preview
Text
4114121001 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (153kB) | Preview
[thumbnail of 4114121001 DAFTAR TABEL.pdf]
Preview
Text
4114121001 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (73kB) | Preview
[thumbnail of 4114121001 DAFTAR GAMBAR.pdf]
Preview
Text
4114121001 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (87kB) | Preview
[thumbnail of 4114121001 DAFTAR LAMPIRAN.pdf]
Preview
Text
4114121001 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (92kB) | Preview
[thumbnail of 4114121001 BAB I.pdf]
Preview
Text
4114121001 BAB I.pdf - Published Version

Download (337kB) | Preview
[thumbnail of 4114121001 BAB V.pdf]
Preview
Text
4114121001 BAB V.pdf - Published Version

Download (88kB) | Preview
[thumbnail of 4114121001 DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
4114121001 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (90kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar siswa pada materi pokok kalor dengan model pembelajaran kooperatif tipe GI lebih tinggi daripada pembelajaran konvensional. Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen. Populasi dalam penelitian adalah seluruh siswa kelas X Semester II SMA Muhammadiyah 8 Kisaran yang terdiri dari 7 kelas. Pengambilan sampel dilakukan dengan cara cluster random sampling dengan mengambil 2 kelas dari 7 kelas secara acak yaitu kelas X 3 sebagai kelas eksperimen yang berjumlah 36 orang dan kelas X 5 sebagai kelas kontrol yang berjumlah 36 orang. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes hasil belajar.Tes hasil belajar dalam bentuk pilihan berganda sebanyak 20 soal dengan 5 option yang telah dinyatakan valid. Pengujian hipotesis dengan uji t satu pihak. Berdasarkan analisa data diperoleh peningkatan hasil belajar siswa pada pertemuan pertama, kedua dan ketiga untuk kelas eksperimen yang menggunakan model pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation berbantu peta konsep dan hasil uji hipotesisi diperoleh thitung> ttabel yaitu 1,74 >1,669 pada taraf signifikan = 0,05 dan dk = 60. Hal ini berarti Ha diterima dan hasil belajar siswa pada materi pokok kalor dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe GI berbantu peta konsep lebih tinggi daripada pembelajaran konvensional.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: 536.107 12 Rah p
Keywords: Hasil belajar; Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation (GI); Peta Konsep.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika
Depositing User: Mrs Desy Sry Yani
Date Deposited: 08 Apr 2016 08:34
Last Modified: 25 Aug 2016 02:38
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/12248

Actions (login required)

View Item
View Item