PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INQUIRY TRAINING TERHADAP HASIL BELAJAR KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA PADA MATERI POKOK SUHU DAN KALOR DI KELAS X SEMESTER II SMA SWASTA ERIA MEDAN T.P 2014/2015

Wardani, Dara Tri (2015) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INQUIRY TRAINING TERHADAP HASIL BELAJAR KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA PADA MATERI POKOK SUHU DAN KALOR DI KELAS X SEMESTER II SMA SWASTA ERIA MEDAN T.P 2014/2015. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 4113121010 COVER.pdf]
Preview
Text
4113121010 COVER.pdf - Published Version

Download (30kB) | Preview
[thumbnail of 4113121010 LEMBAR PENGESAHAN.pdf]
Preview
Text
4113121010 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (189kB) | Preview
[thumbnail of 4113121010 KATA PENGANTAR.pdf]
Preview
Text
4113121010 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (219kB) | Preview
[thumbnail of 4113121010 ABSTRAK.pdf]
Preview
Text
4113121010 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (109kB) | Preview
[thumbnail of 4113121010 RIWAYAT HIDUP.pdf]
Preview
Text
4113121010 RIWAYAT HIDUP.pdf - Published Version

Download (121kB) | Preview
[thumbnail of 4113121010 DAFTAR ISI.pdf]
Preview
Text
4113121010 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (112kB) | Preview
[thumbnail of 4113121010 DAFTAR TABEL.pdf]
Preview
Text
4113121010 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (180kB) | Preview
[thumbnail of 4113121010 DAFTAR GAMBAR.pdf]
Preview
Text
4113121010 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (179kB) | Preview
[thumbnail of 4113121010  DAFTAR LAMPIRAN.pdf]
Preview
Text
4113121010 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (179kB) | Preview
[thumbnail of 4113121010 BAB I.pdf]
Preview
Text
4113121010 BAB I.pdf - Published Version

Download (210kB) | Preview
[thumbnail of 4113121010 BAB V.pdf]
Preview
Text
4113121010 BAB V.pdf - Published Version

Download (151kB) | Preview
[thumbnail of 4113121010 DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
4113121010 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (110kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini betujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran inquiry training terhadap hasil belajar keterampilan proses sains dan mengetahui aktivitas belajar siswa selama proses pembelajaran dengan model pembelajaran inquiry training pada materi pokok Suhu dan Kalor di kelas X semester II SMA Swasta Eria Medan T.P 2014/2015. Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen dengan desain penelitian two group pretest-posttest design. Populasi dalam penelitian adalah seluruh siswa kelas X semester II SMA Swasta Eria Medan yang terdiri dari 6 kelas. Pengambilan sampel dilakukan dengan cara cluster random sampling diambil 2 kelas yaitu kelas X-1 sebagai kelas eksperimen yang berjumlah 28 orang dan kelas X-2 sebagai kelas kontrol yang berjumlah 28 orang. Instrumen dalam penelitian ini ada 2 macam yaitu tes hasil belajar keterampilan proses sains yang telah divalidasi dalam bentuk essay dan lembar observasi aktivitas belajar siswa.Berdasarkan analisa data, diperoleh nilai rata-rata pretes kelas eksperimen 41,88 dan nilai rata-rata kelas kontrol 35,55. Setelah pembelajaran selesai diberikan, diperoleh postes dengan hasil rata-rata kelas eksperimen 78,90 dengan dan kelas kontrol 69,89. Hasil uji t satu pihak dengan taraf signifikansi 0,05 diperoleh thitung = 5,519 dan ttabel = 1,646, sehingga thitung > ttabel maka Ha diterima dan H0 ditolak, dengan demikian disimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran inquiry training berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar keterampilan proses sains siswa pada materi pokok Suhu dan Kalor dikelas X semester II SMA Swasta Eria Medan T.P 2014/2015. .Aktivitas siswa dalam proses pembelajaran kelas eksperimen memiliki nilai rata-rata nilai 72,70 dengan kategori aktif dan aktivitas siswa selama proses pembelajaran kelas kontrol memiliki nilai rata-rata 50,6 dengan kategori cukup aktif.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: SK-2015 FIS 020
Keywords: Model Pembelajaran Inquiry Training; Hasil Belajar Keterampilan Proses Sains
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika
Depositing User: Mrs Desy Sry Yani
Date Deposited: 08 Apr 2016 08:34
Last Modified: 25 Aug 2016 02:28
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/12246

Actions (login required)

View Item
View Item