Wardani, Dara Tri (2015) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INQUIRY TRAINING TERHADAP HASIL BELAJAR KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA PADA MATERI POKOK SUHU DAN KALOR DI KELAS X SEMESTER II SMA SWASTA ERIA MEDAN T.P 2014/2015. Undergraduate thesis, UNIMED.
4113121010 COVER.pdf - Published Version
Download (30kB) | Preview
4113121010 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (189kB) | Preview
4113121010 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (219kB) | Preview
4113121010 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (109kB) | Preview
4113121010 RIWAYAT HIDUP.pdf - Published Version
Download (121kB) | Preview
4113121010 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
4113121010 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (180kB) | Preview
4113121010 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (179kB) | Preview
4113121010 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (179kB) | Preview
4113121010 BAB I.pdf - Published Version
Download (210kB) | Preview
4113121010 BAB V.pdf - Published Version
Download (151kB) | Preview
4113121010 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (110kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini betujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran inquiry training terhadap hasil belajar keterampilan proses sains dan mengetahui aktivitas belajar siswa selama proses pembelajaran dengan model pembelajaran inquiry training pada materi pokok Suhu dan Kalor di kelas X semester II SMA Swasta Eria Medan T.P 2014/2015. Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen dengan desain penelitian two group pretest-posttest design. Populasi dalam penelitian adalah seluruh siswa kelas X semester II SMA Swasta Eria Medan yang terdiri dari 6 kelas. Pengambilan sampel dilakukan dengan cara cluster random sampling diambil 2 kelas yaitu kelas X-1 sebagai kelas eksperimen yang berjumlah 28 orang dan kelas X-2 sebagai kelas kontrol yang berjumlah 28 orang. Instrumen dalam penelitian ini ada 2 macam yaitu tes hasil belajar keterampilan proses sains yang telah divalidasi dalam bentuk essay dan lembar observasi aktivitas belajar siswa.Berdasarkan analisa data, diperoleh nilai rata-rata pretes kelas eksperimen 41,88 dan nilai rata-rata kelas kontrol 35,55. Setelah pembelajaran selesai diberikan, diperoleh postes dengan hasil rata-rata kelas eksperimen 78,90 dengan dan kelas kontrol 69,89. Hasil uji t satu pihak dengan taraf signifikansi 0,05 diperoleh thitung = 5,519 dan ttabel = 1,646, sehingga thitung > ttabel maka Ha diterima dan H0 ditolak, dengan demikian disimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran inquiry training berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar keterampilan proses sains siswa pada materi pokok Suhu dan Kalor dikelas X semester II SMA Swasta Eria Medan T.P 2014/2015. .Aktivitas siswa dalam proses pembelajaran kelas eksperimen memiliki nilai rata-rata nilai 72,70 dengan kategori aktif dan aktivitas siswa selama proses pembelajaran kelas kontrol memiliki nilai rata-rata 50,6 dengan kategori cukup aktif.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2015 FIS 020 |
Keywords: | Model Pembelajaran Inquiry Training; Hasil Belajar Keterampilan Proses Sains |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education Q Science > QC Physics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Mrs Desy Sry Yani |
Date Deposited: | 08 Apr 2016 08:34 |
Last Modified: | 25 Aug 2016 02:28 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/12246 |