Tampubolon, Relisda (2015) PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING DENGAN METODE MAKE A MACTH TERHADAP HASIL BELAJAR KIMIA SISWA SMA PADA POKOK BAHASAN HIDROKARBON. Undergraduate thesis, UNIMED.
4113131057 COVER.pdf - Published Version
Download (110kB) | Preview
4113131057 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (126kB) | Preview
4113131057 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (225kB) | Preview
4113131057 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (107kB) | Preview
4113131057 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (107kB) | Preview
4113131057 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (103kB) | Preview
4113131057 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (102kB) | Preview
4113131057 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (106kB) | Preview
4113131057 BAB I.pdf - Published Version
Download (120kB) | Preview
4113131057 BAB V.pdf - Published Version
Download (27kB) | Preview
4113131057 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (35kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran Problem Based Learning dengan metode Make a Macth terhadap hasil belajar kimia siswa SMA pada pokok bahasan hidrokarbon. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA Negeri 1 Tanah Jawa yang terdiri dari 8 kelas. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik random sampling yaitu kelas X1 sebagai kelas eksperimen dan kelas X6 sebagai kelas kontrol. Sampel penelitian kelas eksperimen dan kelas kontrol masing-masing berjumlah 30 orang. Kelas eksperimen diberikan perlakuan dengan model pembelajaran Problem Based Learning dengan metode Make a Macth dan kelas kontrol diberikan perlakuan dengan model pembelajaran Problem Based Learning tanpa metode Make a Macth. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes objektif dalam bentuk pilihan ganda berjumlah 23 soal yang telah valid. Hasil penelitian menunjukan, nilai rata-rata pretest untuk kelas eksperimen adalah 35,56 dan untuk kelas kontrol adalah 27,60 sedangkan nilai rata-rata postest untuk kelas eksperimen adalah 79,06 dan untuk kelas kontrol adalah 74,70. Uji hipotesis dalam penelitian ini yaitu uji t pihak kanan dan uji hipotesis korelasi yang diperoleh thitung > ttabel yang berarti Ha diterima dan Ho ditolak yang menunjukan bahwa ada pengaruh penerapan model pembelajaran Problem Based Learning menggunakan metode Make a Macth terhadap hasil belajar kimia siswa pada pokok bahasan hidrokarbon.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2015 KIM 016 |
Keywords: | Model Pembelajaran Problem Based Learning; Metode Make a Macth; Hasil Belajar |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education Q Science > QD Chemistry |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia |
Depositing User: | Mrs Desy Sry Yani |
Date Deposited: | 08 Apr 2016 08:34 |
Last Modified: | 25 Aug 2016 01:41 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/12240 |