Wulansari, Nita (2015) UPAYA MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI PADA MATERI ARITMATIKA SOSIAL DI KELAS VII SMP NEGERI 1 BINJAI T.A 2014/2015. Undergraduate thesis, UNIMED.
4113111056 COVER.pdf - Published Version
Download (111kB) | Preview
4113111056 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (181kB) | Preview
4113111056 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (157kB) | Preview
4113111056 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (185kB) | Preview
4113111056 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (116kB) | Preview
4113111056 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (154kB) | Preview
4113111056 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (105kB) | Preview
4113111056 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
4113111056 BAB I.pdf - Published Version
Download (275kB) | Preview
4113111056 BAB V.pdf - Published Version
Download (120kB) | Preview
4113111056 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (163kB) | Preview
4113111056 RIWAYAT HIDUP.pdf - Published Version
Download (104kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman konsep matematika siswa dengan menerapkan model pembelajaran inkuiri pada materi aritmatika sosial di kelas VII SMP Negeri 1 Binjai Tahun Ajaran 2014/2015.Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Negeri 1 Binjai Tahun Ajaran 2014/2015 yaitu kelas VII yang berjumlah 36 orang. Objek dalam penelitian ini adalah pemahaman konsep matematika siswa dengan menerapkan model pembelajaran inkuiri pada materi aritmatika sosial.Cara pengambilan data adalah melalui nilai tes kemampuan awal, tes pemahaman konsep, wawancara, dan observasi. Tes kemampuan awal dan tes pemahaman konsep berbentuk uraian yang terlebih dahulu sudah divalidasikan oleh pakar pendidikan yaitu dosen-dosen matematika UNIMED dan guru matematika SMP Negeri 1 Binjai. Setiap siklus dilakukan satu kali tes pemahaman konsep. Wawancara bertujuan untuk memperoleh data kesulitan-kesulitan yang dialami siswa dalam menyelesaikan soal-soal yang diberikan. Observasi bertujuan untuk melihat kemampuan peneliti dalam pengelolaan pembelajaran dan melihat aktivitas siswa ketika proses pembelajaran berlangsung.Dari analisis data diperoleh nilai rata-rata tes awal 51,74 dan ketuntasan belajar siswa sebesar 8,33%. Pada siklus I diperoleh nilai rata-rata tes pemahaman konsep I 71 dan ketuntasan belajar siswa sebesar 52,78%. Pada siklus II diperoleh nilai rata-rata tes pemahaman konsep II 89,53 dan nilai ketuntasan belajar siswa sebesar 91,67%. Berdasarkan hasil observasi pada setiap siklus, kemampuan peneliti dalam pengelolaan pembelajaran dan aktivitas siswa pada saat proses pembelajaran sudah baik. Berdasarkan gain skore diperoleh peningkatan pemahaman konsep siswa rata-rata sebesar 0,64 yaitu dalam kategori sedang. Dari hasil penelitian disimpulkan bahwa terjadi peningkatan pemahaman konsep siswa melalui penerapan model pembelajaran inkuiri pada materi aritmatika sosial kelas VII SMP Negeri 1 Binjai Tahun Ajaran 2014/2015.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2015 MAT 009 |
Keywords: | Pemahaman konsep; aritmatika sosial; inkuiri; siklus; gain score |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mrs Desy Sry Yani |
Date Deposited: | 08 Apr 2016 08:34 |
Last Modified: | 25 Aug 2016 01:38 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/12235 |