Siregar, Seri (2015) PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI POKOK SUHU DAN KALOR DI KELAS X SEMESTER II SMA NEGERI 11 MEDAN T.P. 2014/2015. Undergraduate thesis, UNIMED.
4113321037 COVER.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
4113321037 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (77kB) | Preview
4113321037 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (153kB) | Preview
4113321037 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (152kB) | Preview
4113321037 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (229kB) | Preview
4113321037 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (181kB) | Preview
4113321037 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (178kB) | Preview
4113321037 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (184kB) | Preview
4113321037 BAB I.pdf - Published Version
Download (92kB) | Preview
4113321037 BAB V.pdf - Published Version
Download (68kB) | Preview
4113321037 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model Problem Based Learning (PBL) terhadap hasil belajar siswa pada materi pokok Suhu dan Kalor di Kelas X Semester II SMA Negeri 11 Medan T.P. 2014/2015.Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen. Populasi dalam penelitian adalah seluruh siswa kelas X SMA Negeri 11 Medan. Penarikan sampel dengan cluster random sampling yaitu X-3 sebagai kelas eksperimen dengan pembelajaran Model Problem Based Learning sedangkan kelas X-4 sebagai kelas kontrol diajarkan dengan pembelajaran Konvensional. Instrumen yang digunakan pada penelitian adalah tes pilihan berganda 20 soal dari 25 soal yang telah diuji validitasnya. Data penelitian yaitu dalam bentuk hasil belajar .Untuk data hasil belajar diawali dengan uji normalitas dan homogenitas. Dengan data yang sudah telah berdistribusi normal dan homogen maka dilakukan uji statistik dengan uji t pada taraf signifikan α = 0,05. Nilai rata-rata hasil pretes kelas eksperimen adalah 39,5 dan kelas kontrol adalah 38,25. Dan nilai rata-rata postes kelas eksperimen 76,63 dan kelas kontrol 67,63Hasil uji t satu pihak Ha di terima > (4,84 > 1,667), maka kesimpulan dari hasil uji t ada pengaruh model Problem Based Learning terhadap hasil belajar siswa pada materi pokok Suhu dan Kalor di kelas X semester II SMA N 11 Medan T.P 2014/2015.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2015 FIS 021 |
Keywords: | Problem Based Learning; Konvensional; Hasil Belajar |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education Q Science > QD Chemistry |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Mrs Desy Sry Yani |
Date Deposited: | 08 Apr 2016 08:34 |
Last Modified: | 24 Aug 2016 10:13 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/12229 |