PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH MENGGUNAKAN ANIMASI TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI POKOK SUHU DAN KALOR DI KELAS X SEMESTER II SMA NEGERI 15 MEDAN T.P. 2014/2015

Bu'ulolo, Rini Irmanti (2015) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH MENGGUNAKAN ANIMASI TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI POKOK SUHU DAN KALOR DI KELAS X SEMESTER II SMA NEGERI 15 MEDAN T.P. 2014/2015. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 4113121054 COVER.pdf]
Preview
Text
4113121054 COVER.pdf - Published Version

Download (76kB) | Preview
[thumbnail of 4113121054 LEMBAR PENGESAHAN.pdf]
Preview
Text
4113121054 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (94kB) | Preview
[thumbnail of 4113121054 KATA PENGANTAR.pdf]
Preview
Text
4113121054 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (78kB) | Preview
[thumbnail of 4113121054 ABSTRAK.pdf]
Preview
Text
4113121054 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (179kB) | Preview
[thumbnail of 4113121054 DAFTAR ISI.pdf]
Preview
Text
4113121054 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (34kB) | Preview
[thumbnail of 4113121054 DAFTAR TABEL.pdf]
Preview
Text
4113121054 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (47kB) | Preview
[thumbnail of 4113121054 DAFTAR GAMBAR.pdf]
Preview
Text
4113121054 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (27kB) | Preview
[thumbnail of 4113121054 DAFTAR LAMPIRAN.pdf]
Preview
Text
4113121054 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (30kB) | Preview
[thumbnail of 4113121054 BAB I.pdf]
Preview
Text
4113121054 BAB I.pdf - Published Version

Download (208kB) | Preview
[thumbnail of 4113121054 BAB V.pdf]
Preview
Text
4113121054 BAB V.pdf - Published Version

Download (109kB) | Preview
[thumbnail of 4113121054 DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
4113121054 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (143kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: mengetahui pengaruh model pembelajaran berbasis masalah menggunakan animasi terhadap hasil belajar siswa pada materi pokok suhu dan kalor di kelas X semester II SMA Negeri 15 Medan T.P. 2014/2015.Jenis penelitian ini adalah quasi experiment dengan menggunakan two group pretes-posttest design. Populasi seluruh siswa kelas X SMA Negeri 15 Medan terdiri dari 10 kelas. Sampel penelitian diambil 2 kelas yang ditentukan dengan cluster random sampling, yaitu kelas X-7 sebagai kelas eksperimen yang berjumlah 43 siswa dan kelas X-9 sebagai kelas kontrol yang berjumlah 44 siswa. Instrumen yang digunakan ada 2, yaitu 1) tes hasil belajar dalam bentuk uraian sebanyak 5 soal yang telah divalidasi dan 2) lembar observasi aktivitas belajar siswa. Untuk menguji hipotesis digunakan uji beda (uji t) dengan persyaratan uji normalitas dan uji homogenitas.Nilai rata-rata pretes kelas eksperimen dan kelas kontrol masing-masing 16,23 dan 15,45. Kemudian dilakukan uji normalitas pada kedua kelas masing-masing diperoleh Lhitung = 0,0739 < Ltabel = 0,1351 dan Lhitung = 0,1045 < Ltabel = 0,1336. Setelah itu dilakukan uji homogenitas, diperoleh Fhitung = 1,477 < Ftabel = 1,663. Dari hasil tersebut disimpulkan bahwa data berdistribusi normal dan homogen, kemudian dilakukan uji t dua pihak. Uji t menunjukkan -ttabel < thitung < ttabel (-1,992 < 0,483 < 1,992) dimana Ho diterima, yang berarti kelas eksperimen dan kelas kontrol memiliki kemampuan awal yang sama. Nilai rata-rata postes kelas eksperimen dan kelas kontrol masing-masing 61,19 dan 54,39. Kemudian dilakukan uji normalitas pada kedua kelas masing-masing diperoleh Lhitung = 0,1274 < Ltabel = 0,1351 dan Lhitung = 0,1239 < Ltabel = 0,1336. Setelah itu dilakukan uji homogenitas, diperoleh Fhitung = 1,340 < Ftabel = 1,663. Dari hasil tersebut disimpulkan bahwa data berdistribusi normal dan homogen. Hasil pengujian hipotesis diperoleh thitung > ttabel yaitu 3,038 > 1,666 pada taraf signifikansi α = 0,05 dan dk = 85. Hal ini berarti Ha terima, yang berarti ada pengaruh model pembelajaran berbasis masalah menggunakan animasi terhadap hasil belajar siswa pada materi pokok suhu dan kalor di kelas X semester II SMA Negeri 15 Medan T.P. 2014/2015. Aktivitas siswa selama pembelajaran pada kelas eksperimen mengalami peningkatan yaitu rata-rata aktivitas siswa pada pertemuan I sebesar 64,03, pada pertemuan II sebesar 71,63, dan pada pertemuan III meningkat menjadi 79,53 sehingga diperoleh rata-rata aktivitas siswa sebesar 71,73

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: SK-2015 FIS 026
Keywords: Pembelajaran Animasi: Hasil Masalah; Suhu Dan Kalor
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LC Special aspects of education > LC1041 Vocational education (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika
Depositing User: Mrs Desy Sry Yani
Date Deposited: 08 Apr 2016 08:34
Last Modified: 24 Aug 2016 10:02
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/12226

Actions (login required)

View Item
View Item