Bu'ulolo, Rini Irmanti (2015) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH MENGGUNAKAN ANIMASI TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI POKOK SUHU DAN KALOR DI KELAS X SEMESTER II SMA NEGERI 15 MEDAN T.P. 2014/2015. Undergraduate thesis, UNIMED.
4113121054 COVER.pdf - Published Version
Download (76kB) | Preview
4113121054 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (94kB) | Preview
4113121054 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (78kB) | Preview
4113121054 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (179kB) | Preview
4113121054 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (34kB) | Preview
4113121054 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (47kB) | Preview
4113121054 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (27kB) | Preview
4113121054 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (30kB) | Preview
4113121054 BAB I.pdf - Published Version
Download (208kB) | Preview
4113121054 BAB V.pdf - Published Version
Download (109kB) | Preview
4113121054 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (143kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk: mengetahui pengaruh model pembelajaran berbasis masalah menggunakan animasi terhadap hasil belajar siswa pada materi pokok suhu dan kalor di kelas X semester II SMA Negeri 15 Medan T.P. 2014/2015.Jenis penelitian ini adalah quasi experiment dengan menggunakan two group pretes-posttest design. Populasi seluruh siswa kelas X SMA Negeri 15 Medan terdiri dari 10 kelas. Sampel penelitian diambil 2 kelas yang ditentukan dengan cluster random sampling, yaitu kelas X-7 sebagai kelas eksperimen yang berjumlah 43 siswa dan kelas X-9 sebagai kelas kontrol yang berjumlah 44 siswa. Instrumen yang digunakan ada 2, yaitu 1) tes hasil belajar dalam bentuk uraian sebanyak 5 soal yang telah divalidasi dan 2) lembar observasi aktivitas belajar siswa. Untuk menguji hipotesis digunakan uji beda (uji t) dengan persyaratan uji normalitas dan uji homogenitas.Nilai rata-rata pretes kelas eksperimen dan kelas kontrol masing-masing 16,23 dan 15,45. Kemudian dilakukan uji normalitas pada kedua kelas masing-masing diperoleh Lhitung = 0,0739 < Ltabel = 0,1351 dan Lhitung = 0,1045 < Ltabel = 0,1336. Setelah itu dilakukan uji homogenitas, diperoleh Fhitung = 1,477 < Ftabel = 1,663. Dari hasil tersebut disimpulkan bahwa data berdistribusi normal dan homogen, kemudian dilakukan uji t dua pihak. Uji t menunjukkan -ttabel < thitung < ttabel (-1,992 < 0,483 < 1,992) dimana Ho diterima, yang berarti kelas eksperimen dan kelas kontrol memiliki kemampuan awal yang sama. Nilai rata-rata postes kelas eksperimen dan kelas kontrol masing-masing 61,19 dan 54,39. Kemudian dilakukan uji normalitas pada kedua kelas masing-masing diperoleh Lhitung = 0,1274 < Ltabel = 0,1351 dan Lhitung = 0,1239 < Ltabel = 0,1336. Setelah itu dilakukan uji homogenitas, diperoleh Fhitung = 1,340 < Ftabel = 1,663. Dari hasil tersebut disimpulkan bahwa data berdistribusi normal dan homogen. Hasil pengujian hipotesis diperoleh thitung > ttabel yaitu 3,038 > 1,666 pada taraf signifikansi α = 0,05 dan dk = 85. Hal ini berarti Ha terima, yang berarti ada pengaruh model pembelajaran berbasis masalah menggunakan animasi terhadap hasil belajar siswa pada materi pokok suhu dan kalor di kelas X semester II SMA Negeri 15 Medan T.P. 2014/2015. Aktivitas siswa selama pembelajaran pada kelas eksperimen mengalami peningkatan yaitu rata-rata aktivitas siswa pada pertemuan I sebesar 64,03, pada pertemuan II sebesar 71,63, dan pada pertemuan III meningkat menjadi 79,53 sehingga diperoleh rata-rata aktivitas siswa sebesar 71,73
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2015 FIS 026 |
Keywords: | Pembelajaran Animasi: Hasil Masalah; Suhu Dan Kalor |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LC Special aspects of education > LC1041 Vocational education (General) |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Mrs Desy Sry Yani |
Date Deposited: | 08 Apr 2016 08:34 |
Last Modified: | 24 Aug 2016 10:02 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/12226 |